Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Kuliah Fisika Terapan Berdasarkan IMO Modul Course 7.04

Authors

  • Heri Kiswanto Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Ngatmin Politeknik Maritim Negeri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.123

Keywords:

Augmented reality, fisika terapan, imo modul course 7.04, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mata kuliah Fisika Terapan di Politeknik Maritim Negeri Indonesia, berdasarkan IMO Model Course 7.04. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media AR dirancang menggunakan Adobe Ilustrator, Unity3D dan Blender 3D, untuk memfasilitasi pemahaman konsep mekanika, termodinamika, dan elektromagnetisme. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan motivasi belajar mahasiswa. Nilai rata-rata meningkat dari 60 menjadi 80 setelah penggunaan media AR, dengan jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai tinggi meningkat dari 12% menjadi 81%, dan yang memperoleh nilai rendah menurun dari 88% menjadi 19%. Angket respon menunjukkan bahwa 85% mahasiswa merasa media AR membantu pemahaman mereka, 90% lebih termotivasi, 80% menganggap visualisasi 3D dan animasi interaktif membuat belajar lebih menarik, dan 75% melaporkan peningkatan keterlibatan selama sesi kuliah. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis AR efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affriyenni, Y., Swalaganata, G., Mustikasari, V. R., & Fitriyah, I. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika pada Materi Optik Geometri Berbasis Augmented Reality dengan Unity dan Vuforia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 10(10). https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1301

Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2016). The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone. JPPPF - Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.21009/1.02111

Apriliani, I., Ratna Ermawati, I., & Hidayat, M. N. (2020). Media Pembelajaran Berbasiswa Android dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Java Van Den Akker pada Materi Alat Optik. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 61–65.

Ariama, S., & Adrin Burhendi, F. C. (2022). Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 181–190. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12132

Bakri, F., Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2018). Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi dan Optik. Gravity, 4(2), 46–56.

Fauziah, R. N., & Sulisworo, D. (2021). The Development of Applications using Augmented Reality Technology as the Teaching Media of Special Mirror Lights. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 117–124. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.4899

Hafirizka, H., Nasir, M., & Syafi’i, M. (2022). Development of Augmented Reality-Based Learning Media on Mechanical Wave Material. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 126. https://doi.org/10.31258/jgs.10.2.126-133

Ilhamsyah, B. Y., Sudarti, & Bektiarso, S. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Materi Rangkaian Arus Searah untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(3), 98–105.

Iqliya, J. N., & Kustijono, R. (2019). Keefektifan Media Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Fisika (SNF), 19–26.

Khunaeni, L. N., Yuniarti, W. D., & Khalif, M. A. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Teknologi Augmented Reality pada Materi Gelombang Bunyi untuk SMA/MA Kelas XI. Physics Education Research Journal, 2(2), 83. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6144

Kiswanto, H. (2022a). Fisika Dasar 1. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=P_dxEAAAQBAJ

Kiswanto, H. (2022b). Fisika Lingkungan: Memahami Alam Dengan Fisika. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=J_dxEAAAQBAJ

Laily, R. D., & Anggaryani, M. (2020). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika dengan Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Alat Optik. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 369–376.

Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Sebagai Alternatif Sumber Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874

Putri, A., Pitono, C., Damayanti, B. P., & Setiaji, B. (2023). ARTIMAS (Augmented Reality Timun Mas) Solusi Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa pada Materi Vektor: Uji Kelayakan. Compton (Jurnal Ilmu Pendidikn Fisika) , 9(2), 145–152.

Ramadhan, I. R., Djoko Lesmono, A., & Anggraeni, A. K. F. (2023). Penerapan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 4(1), 63–70. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF

Rizti Yovan, R. A., & Kholiq, Abd. (2021a). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 80–87. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.80-87

Rizti Yovan, R. A., & Kholiq, Abd. (2021b). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abstrak Siswa SMA pada Materi Medan Magnet. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 80–87. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.80-87

Septian, M. F., & Burhendi, F. C. A. (2022). Pengembangan Mini Glosarium Fisika Modern Sebagai Referensi Tambahan Peserta Didik Berbasis Augmented Reality. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 201–210. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.12451

Siahaan, A. D., Medriati, R., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Materi Rangkaian Listrik dan Optik Geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.91-98

Simaremare, A., Promono, N. A., Putri, D. S., Mallisa, F. P. P., Nabila, S., & Zahra, F. (2022). Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 203. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4893

Ubaidillah. (2024). Visualisasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Reality Pada Materi Ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 10(1), 55–62.

Wamepa, A., Siregar, E., & Sagala, M. K. (2022). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Praktikum Mekanika Dan Termodinamika Dasar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.38

Wirayudi Aditama, P., Nyoman Widhi Adnyana, I., & Ayu Ariningsih, K. (2019). Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2.

Wulandari, N., Hidayatul Adha, E., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Optika Geometri. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i1.164

Yusuf Ilhamsyah, B., & Bektiarso, S. (2022). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Augmented Reality Materi Rangkaian Arus Searah untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(3), 98–105.

Zakaria, A., Wahyuni, I. S., Satriawan, M., Saputra, O., Habibbulloh, M., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran ARDI (AR-Digital Book) Berbasis Augmented Reality 3D Animated Pada Materi Induksi Elektromagnetik. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 54–64.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Kiswanto, H., & Ngatmin. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Kuliah Fisika Terapan Berdasarkan IMO Modul Course 7.04. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4), 190–198. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.123