Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 2 Sekampung

Authors

  • M. Khoirudin Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, Lampung Indonesia
  • Erni Mariana Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, Lampung Indonesia
  • Ayang Kinasih Politeknik Negeri Lampung, Lampung Indonesia
  • Kusuma Wardany Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, Lampung Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.138

Keywords:

Model Pembelajaran, inkuiri terbimbing, Kemampuan Literasi Sains

Abstract

Literasi sains didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan, menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan data untuk memahami alam semesta dan membuat keputusan tentang bagaimana aktivitas manusia menyebabkan perubahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dan jenis penelitian adalah ekperimental. Dalam penelitian ini, sampelnya adalah siswa kelas X, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampel acak. Peneliti menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan Literasi Sains mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 46,11 dan nilai rata-rata posttest sebesar 68, sedangkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 58,71 dan nilai rata-rata posttest sebesar 89,08. Hasil uji hipotesis kemampuan literasi sains menunjukkan nilai sig 2-tailed 0,00. Karena nilai sig kurang dari 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak pada kemampuan literasi sains siswa kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi sains dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA terpadu tipe shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1).

Bagiarta Model, I., & Suardana, M. (2015). Komparasi Literasi Sains Antara Siswa Yang Dibelajarkan Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dintinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1), 1–11.

Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549

Haerani, S. A. S., Setiadi, D., & Rasmi, D. A. C. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 140–144. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1682

Hanum, W. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 gandapura. JESBIO: Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 10(2), 59-64.

Mardianti, F., Yulkifli, Y., & Asrizal, A. (2020). Metaanalisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Saintifik. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(2), 91. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2435

Ngertini, N. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi Sains Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Nuri, N., Agustina, S., Annafi, N., Suryani, S., & Nurjanah, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Xl Pada Materi Senyawa Hidrokarbon di SMAN 1 Soromandi. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 6(2). https://doi.org/10.33627/re.v6i2.1311

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2), 105–109. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i2.111

Rosita, E. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kemampuan Literasi Sains Siswa. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.36418/glosains.v4i1.368

Setiadi, D. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Literasi Sains dan Implementasinya Dalam Kurikulum Sains SMP 2013. Jurnal Pijar Mipa, 9(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v9i1.36

Setyaningsih, A., Widodo, E., & Widowati., A. (2018). Perbedaan antara pendekatan inkuiri terbimbing dengan pendekatan inkuiri terbimbing bermuatan nature of science pada pembelajaran ipa terhadap peningkatan literasi sains peserta didik smp n 11 yogyakarta. E-Journal Pendidikan IPA, 7(4).

Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik yang Berbeda di SMAN 1 Kayangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, (2007).

Yhawita Sari, P. A., Andriani, N., Zulherman, Saparini, & Rizaldi, W. R. (2020). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 131–137. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.352

Zulfiani, Z., Yunistika, R., & Juanengsih, N. (2018). Enhancing Studentsr Higher-Order Thinking Skills Through Guided and Free Inquiry-Based Learning. https://doi.org/10.2991/icems-17.2018.6

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Khoirudin, M., Mariana, E., Kinasih, A., & Wardany, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 2 Sekampung. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4), 199–204. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.138