Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Materi Hukum Archimedes Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.149Keywords:
Kurikulum, E-Modul, penguasaan konsepAbstract
Kurikulum merdeka dirancang sebagai suatu kerangka yang fleksibel, fokus pada materi inti, serta bertujuan untuk mengembangkan keunikan dan potensi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variasi media pembelajaran di sekolah masih sangat terbatas, dengan dominasi penggunaan buku paket, LKPD serta PPT yang masih tergolong jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis e-modul dalam mata pelajaran fisika. Metodologi yang diterapkan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan angket respon untuk siswa. Objek penelitian adalah SMA Negeri 1 Lempuing, Palembang, dengan sampel sebanyak 70 siswa. Hasil angket menunjukkan bahwa 94,5% siswa menyatakan ketertarikan untuk belajar dengan memanfaatkan teknologi yang tertuang dalam pengembangan e-modul. Diperoleh hasil 92,8% siswa antusias untuk menggunakan e-modul dalam proses belajar mereka. Temuan hasil analisis kebutuhan ini mengindikasikan bahwa siswa berminat untuk menggunakan e-modul sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan konsep dan minat belajar mereka. Oleh sebab itu, pengembangan e-modul yang dapat memperkuat penguasaan konsep dan minat belajar siswa sangatlah diperlukan.
Downloads
References
Almarzooq,Z.I.,Lopes,M.,&Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Discruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Apriani, H., Murniati, & Pasaribu, A. (2016). Pengembangan Handout Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Berbasis Kontekstual Kelas XI IPA SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
Ariandini, N.,& Hidayati, A. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 158–164.
Azkiya, H.,&Syarif, H. (2021). Techonology-Based Learning Innovation In the Pandemic Covid-19. In Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP), 74–82.
Hariawan, Kamaludin & Wahyono, U. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadukalo, 7(1), 32–39.
Haryadi, R., & Nurmala, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 32–39.
Khoirurrijal, Fadrati, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219–231.
Madroji, et al. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1), 17–23.
Mertayasa, Eka, I. N. dkk. (2016). Pengaruh E-Modul Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Animasi 3 Dimensi (Studi Kasus: Kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja). 6(2), 1–8.
Mustika, Saptaningrum, E. &Susilawati. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Objek IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 63–71.
N. Imansari, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1, 12–16.
Nadhilah, S. (2020). Penggunaan Bahan Ajar dalam Membantu Penyampaian Materi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 123–135.
Rusnawati, Delina, M., dkk. (2017). Penerapan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. KARMAPATI, 6(3), 1–10.
Saputra, & Yuyun, D. (2017). Penerapan Strategi I-Care Berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Simatupang, Y.S. (2023). Wawasan Akademik Teknologi Universitas Riau, Indonesia SMK Labor Pekanbaru, Indonesia Edusaintek. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 426–438.
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 51–61.
Suarsana, I.M.,&Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275.
Sujarwo, C. G. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Educational Research and Social Studies, 2, 123–130. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320
Wiyono, K., Ismet, dkk. (2019). Interactive Multimedia Using Multiple-Intelligences-based in the Lesson of Thermodynamics for High School. Journal of Physics: Conference Series, 11(66), 1–9.
Yoto, Zulkardi, dkk. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219.
Yusri,Y., & Samsuri, S. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Konstruktivistik Berbantuan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ips, 1(2), 231–241. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2443
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Betty Lusiana, Apit Fathurohman, Kistiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.