Pengembangan Alat Bantu Mengajar Berbasis Canva Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik

Authors

  • Israwati Universitas Halu Oleo
  • La Sahara Universitas Halu Oleo
  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo
  • Syarifuddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.151

Keywords:

Canva, Alat Bantu Mengajar, Suhu dan Kalor, Penguasaan Konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat bantu mengajar berbasis canva pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yang digunakan yakni peserta didik kelas XI.6 berjumlah 32 orang serta guru fisika berjumlah 1 orang. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian responden dan tim validator terhadap alat bantu mengajar yang telah dikembangkan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran maupun komentar responden dan tim validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat bantu mengajar telah berhasil dibuat serta dinyatakan valid oleh tim validator ahli media dan ahli materi dengan persentase rata-rata masing-masing sebesar 90,2% dan 89,3%. Serta uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 96,8% dan 90%. Uji efektivitas diperoleh dari hasil pretest dan posstest dimana diperoleh nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,75 dengan kriteria tinggi. Sehingga dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat bantu mengajar berbasis canva efektif dan praktis digunakan pada saat proses pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu. 5 (4). 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Iskandar, J. I. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. 1 (2). 89. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3144

Nurlaela., & Mustofa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7 (1). 65–73.

Marlini, C. & Rismawati. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tugas Bangsa. 6 (2). 277-289.

Putra, A., Hasibuan, A. A. H., Setiawan, A., & Wahyudi, S. (2024). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 001 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi. 1 (4), 245-251. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i4.642

Rahmatullah., Inanna., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 (2). 317–327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian. Parama Publishing.

Sanudin, Y. (2007). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Ekosistem oleh Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung TP. 2007/2008 (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Setiani, I., Medriati, R., Purwanto, A., Uhum, M. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. 9 (1). http://dx.doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.31633

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika). 7 (2). 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wijaksono, S. A., & Prima, F. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva. Educativo: Jurnal Pendidikan. 1 (2). 621–629. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.81

Ziliwu, D., Lase, S. N., Lase, P. E., & Zega, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal on Education. 5 (1). 4098-4105. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3531

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Israwati, Sahara, L., Sukariasih, L., & Syarifuddin. (2024). Pengembangan Alat Bantu Mengajar Berbasis Canva Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4), 205–213. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.151