Pengembangan Alat Bantu Mengajar Berbasis Canva Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.151Keywords:
Canva, Alat Bantu Mengajar, Suhu dan Kalor, Penguasaan KonsepAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat bantu mengajar berbasis canva pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yang digunakan yakni peserta didik kelas XI.6 berjumlah 32 orang serta guru fisika berjumlah 1 orang. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian responden dan tim validator terhadap alat bantu mengajar yang telah dikembangkan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran maupun komentar responden dan tim validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat bantu mengajar telah berhasil dibuat serta dinyatakan valid oleh tim validator ahli media dan ahli materi dengan persentase rata-rata masing-masing sebesar 90,2% dan 89,3%. Serta uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 96,8% dan 90%. Uji efektivitas diperoleh dari hasil pretest dan posstest dimana diperoleh nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,75 dengan kriteria tinggi. Sehingga dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat bantu mengajar berbasis canva efektif dan praktis digunakan pada saat proses pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.
Downloads
References
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu. 5 (4). 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Iskandar, J. I. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. 1 (2). 89. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3144
Nurlaela., & Mustofa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7 (1). 65–73.
Marlini, C. & Rismawati. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tugas Bangsa. 6 (2). 277-289.
Putra, A., Hasibuan, A. A. H., Setiawan, A., & Wahyudi, S. (2024). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 001 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi. 1 (4), 245-251. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i4.642
Rahmatullah., Inanna., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 12 (2). 317–327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian. Parama Publishing.
Sanudin, Y. (2007). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Ekosistem oleh Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung TP. 2007/2008 (Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Setiani, I., Medriati, R., Purwanto, A., Uhum, M. U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. 9 (1). http://dx.doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.31633
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika). 7 (2). 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Wijaksono, S. A., & Prima, F. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva. Educativo: Jurnal Pendidikan. 1 (2). 621–629. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.81
Ziliwu, D., Lase, S. N., Lase, P. E., & Zega, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal on Education. 5 (1). 4098-4105. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3531
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Israwati, La Sahara, Luh Sukariasih, Syarifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.