Pengembangan e-Modul Model Cinqase dengan Aplikasi Flip Pdf Corparate Edition pada Materi Listrik Arus Searah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Weldayana Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Maronta Galib Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.1

Keywords:

Pengembangan, E-modul, Model Pembelajaran CinQASE, Aplikasi Flip PDF Corparate Edition, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk menghasilkan e-modul model pembelajaran CinQASE dengan aplikasi Flip PDF Corparate pada materi listrik arus searah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan  R & D (Research and Development) dengan model 4-D dengan tahap yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Desseminate). E-modul yang telah dikembangkan diuji cobakan di SMAN 4 Pasarwajo pada kelas XII. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, kuisioner dan tes tertulis. Data kevalidan e-modul dilihat dari penilaian instrumen lembar validasi oleh tiga orang validator ahli. Data keefektifan e-modul dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dengan instrumen tes tertulis berupa pretest dan posttest. Data kepraktisan e-modul dilihat dari instrumen kuisioner lembar respons guru dan respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan layak dari segi nilai validitas sebesar 0,917 dengan kategori sangat tinggi. Hasil keefektifan menunjukan peningkatan hasil belajar pada uji coba terbatas diperoleh n-gain 0,318 dengan kategori Sedang dan untuk uji coba luas sebesar 0,400 dalam kategori sedang. Hasil kepraktisan e-modul dari guru sebesar 3,76 pada uji terbatas dan 3,8 pada uji luas dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan hasil respon peserta didik sebesar 79% pada uji terbatas dan 81% pada uji luas dengan kategori Sangat Baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Weldayana, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Hunaidah, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

La Maronta Galib, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Aiken, Lewis R. (1980). Three Coefficients for Analyzing the reliability and validaty of Ratings. Educational and psychological measurement. 451 pp 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Anggraeni, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Ennis Pada Materi Biologi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1721

Hake, B. J. (1999). Lifelong learning in late modernity: The challenges to society, organizations, and individuals. Adult education quarterly, 49(2), 79-90. https://doi.org/10.1177/07417136990490020

Susantini, E., Prahani, B. K., & Mahdiannur, M. A. (2018, November). Improving collaborative critical thinking skills of physics education students through implementation of CinQASE learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108, No. 1, p. 012101). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012101

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nur Fadilah, L. ., & Sulistyowati, H. . (2022). Keefektifan dan Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar e-ModulBerbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4014–4024. Retrieved from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3491

Sari, N. T., Sutarto, S., & Subiki, S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Gambar Kejadian Riil Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 8-15. Retrieved from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4642

Purboningsih, D. (2015, November). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan guided discovery pada materi barisan dan deret untuk siswa SMK kelas X. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 468).

Putra, R. A., Mustofa., K & Joni, R. P. (2017). Penelitian dan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (studi pada program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM bina mandiri cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 1(1). Retrieved from: https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8723

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Rusdiyanto, R., Karman, J., Hidayat, A. T., Peranginangin, A. M., Tambunan, F., & Hutahaean, J. (2020, June). Analysis of decision support systems on recommended sales of the best ornamental plants by type. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1566, No. 1, p. 012047). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012047

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sanjaya, Winna. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grouf.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Retrieved from: https://eric.ed.gov/?id=ED090725

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Weldayana, Hunaidah, & Maronta Galib, L. (2023). Pengembangan e-Modul Model Cinqase dengan Aplikasi Flip Pdf Corparate Edition pada Materi Listrik Arus Searah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.1