Pengembangan Laboratorium Virtual IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Thinking Skill Siswa SMP di Kabupaten Muna

Authors

  • Naim Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Nilawati Ute Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Rosnawati SMA Negeri 2 Raha, Indonesia
  • Arman Ipu SMA Negeri 2 Raha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.10

Keywords:

Laboratorium Virtual IPA, Inkuiri, Thinking Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk virtual laboratory IPA berbasis inkuiri untuk mengembangkan thinking skill, mengetahui respon siswa SMP dapat dengan menggunakan virtual laboratory IPA berbasis inkuiri, dan mengetahui potensi virtual laboratory berbasis inkuiri dalam mengembangkan thinking skill siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research & development (R&D) pengembangan laboratorium virtual. Populasi penelitian ini satuan pendidikan Sekolah Menengah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Muna yaitu SMP sebanyak 79 dengan rincian 64 sekolah kategori Negeri dan 15 sekolah kategori swasta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket validasi virtual laboratory, angket respon siswa, tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan thinking skill siswa sebelum dan setelah melakukan pembelajaran menggunakan virtual laboratory berpendekatan inkuiri, lembar observasi thinking skill, dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis validasi produk dan respon siswa, analisis data tes thinking skill, dan analisis hasil observasi thinking skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk virtual laboratory IPA berpendekatan inkuiri yang dikembangkan dinilai sangat baik kualitasnya oleh ahli materi dan media, produk virtual laboratory IPA berpendekatan inkuiri yang dikembangkan direspon sangat baik oleh siswa, dan produk virtual laboratory IPA berpendekatan inkuiri dapat mengembangkan thinking skill siswa, ditunjukkan dengan gain score ternormalisasi sebesar 0,39 kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Naim, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Nilawati Ute, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Rosnawati, SMA Negeri 2 Raha, Indonesia

SMA Negeri 2 Raha

Arman Ipu, SMA Negeri 2 Raha, Indonesia

SMA Negeri 2 Raha

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills siswa pada pembelajaran matematika abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Arifin, Z., Destiansari, E., & Amizera, S. (2020). Pengembangan mobile virtual laboratorium pada pembelajaran praktikum materi pencemaran air. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 123-130.

Collete, A. T. & E. Chiapetta,. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.

Flowers. (2011). Investigating the Effectiveness of Virtual Laboratories in an Undergraduate Biology Course. The Journal of Human Resource and Adult Learning Vol. 7, Num. 2.

Haipan Salam, Agus Setiawan, Ida Hamidah. (2010). Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Listrik Dinamis. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung: UPI.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), (2012). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Diakses pada 25/07/2019.

Merta Dhewa, K., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The development of Higher Order Thinking Skill (Hots) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 26-32.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M, (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Sugiyono, (2017). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute?Secial Education, University of Minnesota. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.

Trianto, (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, B. D., Bintang, S., & Januariyansah, S. (2021). The effect of using proteus software as a virtual laboratory on student learning outcomes. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 140-145.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Naim, Ute, N., Rosnawati, & Ipu, A. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Thinking Skill Siswa SMP di Kabupaten Muna. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 60–74. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.10