Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Jaringan Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar Materi Kemagnetan Kelas IX

Authors

  • Lendang Arayati Sekolah Menengah Pertama 3 Negeri Tamiang Layang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.109

Keywords:

Model pembelajaran langsung, jaringan pertanyaan, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran langsung dengan jaringan pertanyaan terhadap hasil belajar siswa pada materi kemagnetan di kelas IX SMP Negeri 3 Tamiang Layang. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX-A sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan tipe jaringan pertanyaan yang berbeda dalam dua siklus. Model pembelajaran langsung dengan jaringan pertanyaan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kemagnetan di kelas IX-A SMP Negeri 3 Tamiang Layang. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan model pembelajaran yang lebih bervariasi dan inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiyub. (2022). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas Melalui Supervisi Edukatif di SMK Negeri 1 Darul Hikmah. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, X(4), 319–329.

Anggraini, N. W. Y., Ristiati, N. P., & Devi, N. L. P. L. (2020). Pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 71–82.

Amalia , F., Anggayudha , A., Aldilla, K., Kinkin , K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial . Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Arnika, A. D. . K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dengan Metode Kumon Pada Materi Persamaan Lingkaran Di Sman-1 Krian. MATHEdunesa, 3(1), 1–6.

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Cao, Z., Yu, S., & Huang, J. (2019). A qualitative inquiry into undergraduates’ learning from giving and receiving peer feedback in L2 writing: Insights from a case study. Studies in Educational Evaluation, 63, 102–112. https://doi.org/10.1016/J.STUEDUC.2019.08.001

Herwanto, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 150–164. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21372

Hidayat, M. Y., A.Nenyhindarwaty.A, & Nur, F. (2020). Analisis Penentuan Standar Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Mata Pelajaran Fisika Kelas Xi Sman 17 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 74–81. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7837

Maarif, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Membatik Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sanggar Batik Cikadu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 151–158. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7894

Purnamasari, N., Habibi, H., & Hidayat, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 51. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i2.85

Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262

Sumiati, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Perubahan Benda Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 283. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.910

Supartini, K. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Direct Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Food And Beverage Pada Kompetensi Menerapkan Tehnik Platting dan Garnish. Journal of Education Action Research, 5(2), 194–199. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33340

Umar, M. S., Rapi, M., & Bostam, I. (2018). Perbandingan Direct Instruction Dan Tanya Jawab Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Ii Sd Inpres Rappokalling 1 Makassar Comparative Study Between Direct Instruction and Questions-Answers Toward the Students ’ Reading Ability of the Second Grad. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 224–235.

Yanti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 15 Kota Takengon Tahun Pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.22373/biotik.v7i2.5652

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Arayati, L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Jaringan Pertanyaan Terhadap Hasil Belajar Materi Kemagnetan Kelas IX. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 62–66. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.109