Hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 5 Soppeng

Authors

  • Asviranti Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Usman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Mutahharah Hasyim Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Khaeruddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Abdul Haris Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.11

Keywords:

Adversity Quotient, Hasil Belajar, Hubungan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional non eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Soppeng. Penelitian ini dilaksankan pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 5 Soppeng sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 133 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel Adversity Quotient (AQ) dan instrument tes dalam bentuk pilihan ganda.Pengambilan data hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak 2 kali menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara Adversity Quotient (AQ) dengan hasil belajar fisika sebesar 0,853 > rtabel  =0,1432. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Adversity Quotient (AQ) dengan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 5 Soppeng. Rata-rata koefisien determinasi diperoleh yaitu r2=0,728 menunjukkan bahwa Adversity Quotient (AQ) memberi pengaruh sebesar 73% terhadap hasil belajar fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asviranti, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Usman, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Mutahharah Hasyim, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Khaeruddin, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Abdul Haris, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Alfiyah, N. (2012). Hubungan adversity quotient dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas ix SMP Negeri 1 tempel Jurusan Psikologi Pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Yogyakarta. Retrieved from: http://eprints.uny.ac.id/9771/2/ BAB%202%20-%200710424409 2.pdf.

Azzet, A. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak. Yogyakarta: Katahati.

Fauziyah. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Retrieved from: http://repo.uinsatu.ac.id/24587.

Hamalik, oemar. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Nata. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Pratama, D. S., Ermawaty, I. R., & Hartini, T. I. (2017). Hubungan antara adversity quotient dan self efficacy dengan menggunakan model pbl terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 1(2), 88-93. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.117

Putra. (2016). Hubungan Antara Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan.

Seoyono. (2013). Efektivitas Pembelajaran Melalui Metode Penemuan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III SDN 1 Plosorejo Kab. Blora Tahun Pelajaran 2011/2012. Semarang: FTP IKIP PGRP.

Stoltz. (2007). Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. T: Hermaya.

Supardi. (2013). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah, 61-71.

Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Series.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Asviranti, Usman, Hasyim, M., Khaeruddin, & Haris, A. (2023). Hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 5 Soppeng. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 75–80. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.11