Meta Analisis: Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Model Pembelajaran Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.118Keywords:
Pengaruh, video, model pembelajaran, discovery learning, fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media berbasis video terhadap model pembelajaran discovery learning dalam ranah SMA. Metode pada penelitian ini adalah dengan menggunakan studi literature dengan meta analisis yang menggunakan teknik perhitungan menujukkan hasil dua atau lebih penelitian yang memperoleh hasil gabungan data secara kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dari 18 jurnal nasional. Hasil penelitian menujukkan nilai effect size sebesar 0,9 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa penggunaan media video terhadap model pembelajaran discovery learning efektif pada pembelajaran fisika di jenjang SMA/MA/SMK hal ini disebabkan penggunaan video mampu membuat peserta didik menggambarkan materi pembelajaran dengan lebih efektif serta model pembelajaran discovery membantu menangani permasalahan secara mandiri khususnya fisika.
Downloads
References
Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 82–94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.623
Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 97–102.
Andi, H. J., & ROMLAH, S. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Eduscience, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2226
Astutik, R. D., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Studi Meta Analisis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 159. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4525
Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656
Hingkua, P. F., Wirjawan, J. V. D., & Arcana, I. N. (2014). Media Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Video Pada Pokok Bahasan Momentum, Implus Dan Tumbukan. 1–6.
Jawad, M. K., Djamas, D., & Gusnedi, G. (2017). Pengaruh Handout Fisika Multimedia Interaktif Berbasis Discovery Learning Berbantuan Games Terhadap Critical Thinking Skills Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Padang. Pillar of Physics Education, 10, 33–40.
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Masril, M., Hidayati, H., & Darvina, Y. (2018). Penerapan discovery learning berbantuan virtual laboratory untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 18-26.
Nisa, U., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nastiti, L. R. (2021). Meta Analisis Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Pada Pembelajaran Fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.37478/Optika.V5i1.960
Praptama, S. S., Setiyoaji, W. T., & Purwaningsih, E. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V7i2.2934
Prayudi, L. M. E., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.324
Robet. (2013). Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Learning. Jurnal Time, 2(2), 39–41.
Situmorang, R., Simanullang, A. F., & Siahaan, F. E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2143–2151.
Senjani, J. H., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Optika Geometris Kelas X Sma Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.26877/Jp2f.V6i2.2576
Utami, F. D., Sulhadi, & Sugianto. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan CTL Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(2), 94–103.
Widiantari, N. N., Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(: 2), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/819
Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-MX dan Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.596
Yunus, I. A., Yunginger, R., Mursalin, M., Paramata, D. D., Setiawan, D. G. E., & Odja, A. H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Crosword Puzzle Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Di SMAN 1 Boliyohuto. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 7(2), 210–217. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3263
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bella Indriati Wulansari, Muhammad Nasir, Hadma Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.