Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA MAN Enrekang

Authors

  • Annisah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Khaeruddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Kaharuddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.12

Keywords:

Internet, kemanndirian belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar fisika, (2) hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar fisika dan (3) hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar bebas secara bersama-sama dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA MAN Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA MAN Enrekang sebanyak 91 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa angket untuk mengukur variabel pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar. Untuk mengukur hasil belajar fisika digunakan instrumen tes berupa tes objektif. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan  hasil belajar fisika dengan nilai r hitung sebesar 0.702 yang bermakna memiliki korelasi yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Annisah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Khaeruddin, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Kaharuddin, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Bustami, Abdullah, D., & Fadlisyah. (2014). Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan e-learning teori dan desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 25, 117-132.

Desmita, (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Intan, S. R. (2019). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 296-304. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1436

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.261

Naron, N. K., & Estes, N. (1986). Technology in the schools: Trends and policies. Journal of Research on Computing in Education, 20(1), 31-43. https://doi.org/10.1080/08886504.1986.11008433

Nugrahini, R., & Margunani, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Kelarga Dan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 902. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/ article/view/13592.

Nurhayati, Eti (2018) Bimbingan, Konseling, dan Psikoterapi Inovatif. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. ISBN 978-602-229-915-8.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Annisah, Khaeruddin, & Kaharuddin. (2023). Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA MAN Enrekang. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 99–107. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.12

Issue

Section

Articles