Pengembangan e-Modul Android pada Materi Gravitasi Newton dan Gerak Planet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • Fadillah Rahmayani STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.125

Keywords:

E-modul, pemahaman konsep, android, gravitasi newton

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui pengaruh dari pengemabangan modul fisika berbantuan android  pada materi gravitasi newton dan gerak planet terhadap peningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Kerinci. Sampel dalam penelitian adalah 33 orang peserta didik. Media dan instrument test yang diberikan telah terlebih dahulu divalidasi oleh dua orang validator. Data yang diperoleh adalah hasil pre-test dan post-test siswa yang dianalisis menggunakan IBM Stastistic SPSS 25 dan diperoleh hasil rata-rata nilai, hasil uji sign-test dan uji statistic. Analisis data menggunakan IBM Stastistics SPSS 25. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai pretest adalah 60,78 sedangkan rata-rata nilai post-test adalah 80,63. Uji statistik menggunakan sign test diperoleh α sebesar 0,00. Karena α < 0,05 maka Ho ditolak, sehingga terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan bahan ajar modul fisika berbantuan android pada materi gravitasi newton dan gerak planet yang dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagus Irawan, I., & Wahyuningsih, D. (2020). Remediasi Pembelajaran Fisika Dengan Model Make A Match Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Gravitasi Newton Kelas X Mia 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 2(1), 61–67.

Chis, A. E., & Muntean, C. H. (2018). Investigating Flipped Classroom and Problem-based Learning in a Programming Module for Computing Conversion Course. Educational Technology & Society, 21(4), 232–247. https://www.researchgate.net/publication/328929802

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26

Fratiwi, N. J., Samsudin, A., Ramalis, T. R., Saregar, A., Diani, R., Irwandani, Rasmitadila, & Ravanis, K. (2020). Developing memori on Newton’s laws: For identifying students’ mental models. European Journal of Educational Research, 9(2), 699–708. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.699

Gani, H., Arifin, Y. F., & Zaini, M. (2022). Kepraktisan Modul Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Journal of Banua Science Education, 2(2), 99–108.

Halliday, D., Resnick, H., & Walker, J. (2010). Fundamental of Physics. United States of America: John Wiley & Sons.

Haroky, F., Nikmah, S., Wilujeng, I., Jumadi, & Kuswanto, H. (2019). Android-Assisted Physics Comic Learning to Train Students’ Conceptual Understanding of Newton’s Gravity. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012045

Kaniawati, I., Fratiwi, N. J., Danawan, A., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2019). Analyzing students’ misconceptions about Newton’s Laws through Four-Tier Newtonian Test (FTNT). Journal of Turkish Science Education, 16(1), 110–122. https://doi.org/10.12973/tused.10269a

Kola Aina, J. (2017). Investigating the Conceptual Understanding of Physics through an Interactive Lecture-Engagement. Cumhuriyet International Journal of Education-CIJE, 6(1), 82–96. https://www.researchgate.net/publication/315841723

Kuczmann, I. (2017). The structure of knowledge and students’ misconceptions in physics. AIP Conference Proceedings, 1916. https://doi.org/10.1063/1.5017454

Kusjuriansah, K., Yulianto, A., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter Pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA, 8(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Scientific Journal of Education and Learning, 3(3), 306–315.

Lidrawan, M., & Erniwati, H. M. (2022). Pengembangan E-Modul Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Flip PDF Professional pada Materi Gelombang Mekanik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 172–179. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.27378

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219. https://doi.org/10.35719/fenomena

Nanda Sari, M., & Daud, M. (2022). Pengembangan E-Modul Fluida Untuk Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 35–44.

Özdemir, E., Coramik, M., & Ürek, H. (2020). Determination of conceptual understanding levels related to optics concepts: The case of opticianry. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(1), 53–54. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I1.728

Parno, P., Mufidah, J., Diantoro, M., & Ali, M. (2021). Building conceptual understanding of students on laws of Newton through argument-driven inquiry. AIP Conference Proceedings, 2330. https://doi.org/10.1063/5.0043127

Purnama Agung, F., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jpurnal of Education, 5(3), 279–289. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp

Pusat Penilaian Pendidikan. (2022, September 08). Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Retrieved from Ttps://Hasilun.Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/#201

Puspitasari, R. D., Herlina, K., & Suyatna, A. (2020). A Need Analysis of STEM-integrated Flipped Classroom E-module to Improve Critical Thinking Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 178–184. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6121

Rahmayani, F., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2021). Need Analysis for Developing a STEM-Based Student Worksheet Application. JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS), 9(2), 137. https://doi.org/10.26714/jps.9.2.2021.137-145

Rahmayani, F., Kuswanto, H., & Rahmat, A. D. (2024). Development of E-Book Integrated Augmented Reality Based on STEM Approaches to Improve Critical Thinking and Multiple Representation Skills in Learning Physics. International Journal of Information and Education Technology, 14(4), 632–641. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.4.2087

Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., Zainuddin, A., & Faizah, R. (2020). Analysis of students’ difficulties about work and energy. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/3/032088

Silalahi, M. V., Pengelolaan, M., & Perairan, S. (2020). Development of E-Modules Based on Exe-Learning on Topics of Reaction Rate Against Student Learning Outcomes Mechanical Engineering. International Journal of Education & Curiculum, 3(2), 114–120. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i2.2672

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. In Information (Switzerland) (Vol. 13, Issue 9). MDPI. https://doi.org/10.3390/info13090402

Sutopo, S., & Zubaidah, S. (2017). Conceptual Understanding and Representation Quality on Newton’s Laws through Multi-Representation Learning. Journal of Science Education, 5(3), 80–88. https://www.researchgate.net/publication/325247020

Tawil, M., & Amin Said, M. (2022). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. JPPPF, 8(1). https://doi.org/10.21009/1

Yaumi, M. R., Sutopo, P., & Malang, U. N. (2019). Pembelajaran Fisika Menggunakan Pemodelan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Hukum Newton Gravitasi Dan Hukum Kepler. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1).

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Rahmayani, F. (2024). Pengembangan e-Modul Android pada Materi Gravitasi Newton dan Gerak Planet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 91–99. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.125