Studi Literatur Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Mardiana Napirah Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9210-5974
  • Abdin Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Universitas Halu Oleo, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1298-7909
  • Syarifuddin Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Kasman Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asrun Safiuddin Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.126

Keywords:

Studi literatur, SLR, PRISMA method, laboratorium virtual, pembelajaran fisika

Abstract

Laboratorium virtual telah menjadi alat bantu yang semakin penting dalam pembelajaran di masa kini di semua tingkat pendidikan dan di berbagai bidang studi, tak terkecuali dalam pembelajaran fisika. Sebagai bidang studi yang sering kali dianggap rumit oleh peserta didik, pembelajaran fisika tentu membutuhkan laboratorium virtual untuk membantu peserta didik dalam mempelajari materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika dilakukan di berbagai tingkat pendidikan dan juga meninjau bagaimana hasil penggunaan laboratorium virtual tersebut pada peserta didik yang dimuat dalam berbagai artikel jurnal penelitian. Pada penelitian ini dilakukan studi literatur sistematis atau SLR (Systematic Literature Review) terhadap 32 artikel jurnal penelitian terpilih yang telah diseleksi dengan menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) berbantuan aplikasi Publish or Perish (PoP) dan juga Mendeley Reference Manager. Aspek yang ditinjau dari artikel-artikel tersebut adalah tingkat pendidikan peserta didik yang menjadi subjek penelitian, metode penelitian, serta hasil akhir yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil studi, diketahui bahwa penelitian penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika dilakukan di tingkat pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, dan juga perguruan tinggi, dimana jumlah penggunaan terbanyak adalah di tingkat SMA/MA. Metode penelitian yang paling sering digunakan adalah metode eksperimen, dan penggunaan laboratorium virtual tersebut memiliki dampak yang sangat positif bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632

Anggraeni, W., Wahyono, U., & Darsikin, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Palu. Media Eksakta, 16(1), 16–21. https://doi.org/10.22487/me.v16i1.728

Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612

Asshalihin, Sahala, S., & Mursyid, S. (2021). Penggunaan Media Virtual Lab Terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(10). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i10.49712

Badryatusyahryah, Nf., Winarsih, M., Kustandi, C., & Putro, P. A. (2022). Penerapan Gamifikasi dalam Pendidikan Fisika: Suatu Studi Literatur Sistematis. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 283. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p283-301

Dalu, N. F., Abdjul, T., & Ntobuo, N. E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi dan Gelombang Cahaya. Jambura Physics Journal, 4(2). https://doi.org/10.34312/jpj.v4i2.14759

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Phet Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 271. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514

Diraya, I., Budiyono, A., & Triastutik, M. (2021). Kontribusi Virtual Lab Phet Simulation untuk Membantu Praktikum Fisika Dasar. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7367

Dwiasih, R. (2022). Efektivitas Penerapan Laboratorium Virtual (Physics Education Technology, Phet) pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Coulomb di MAN 2 Trenggalek. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 6. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/194

Fatimah, S., & Suryandari, K. C. (2022). Pembelajaran Fisika melalui Virtual Laboratory Berbasis Phet Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Materi Listrik. Kappa Journal, 6(1), 71–78. https://doi.org/10.29408/kpj.v6i1.5542

Firaina, R. (2019). Pengaruh penerapan LKS virtual laboratory dengan model pembelajaran cooperative type group investigation terhadap kompetensi belajar fisika siswa kelas X MIA SMA Adabiah Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 12(2), 97–104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/5108171074

Firdaus, T., Sinensis, A. R., & Effendi. (2023). Virtual Laboratory in Physics Education: Penguasaan Konsep Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika Inti. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 7(1), 40–45. https://doi.org/10.30599/jipfri.v7i1.2234

Hamdani, H. (2022). Penerapan Virtual Laboratory untuk Mereduksi Jumlah Mahasiswa Calon Guru Fisika yang Mengalami Miskonsepsi Tentang Efek Foto Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 275. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4810

Hatika, R. G., Daruwati, I., Febriani, Y., & Mardiansyah, D. (2020). Analisis Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Edu Sains, 3(1), 5–8. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/JES/article/view/1978

Herman, N. M. (2023). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik dalam Pembelajaran Menggunakan Virtual Laboratory Kelas X IPA SMA Negeri 13 Gowa. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(3), 768–773. https://doi.org/10.35965/eco.v23i3.3904

Indihartati, S., & Ariyatun. (2022). Efektivitas Media Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Fisika di Era Pandemi COVID-19 Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(1), 80–87. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.129

Isra, H. H., & Rahman, M. H. (2023). Keefektifan Penggunaan Virtual Lab Terhadap Penguasaan Konsep Materi Fisika Modern. EDUKASI, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33387/j.edu.v21i3.6811

Kalsum, U., Hamzah, H., & Nurdia, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Lab Virtual Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.1345

Kholiq, A. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Virtual Lab pada Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Materi Optik di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Puri (Best Practice). Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(2), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/discovery.v6i2.1806

Lembang, U. A., Komansilan, A., & Polii, J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Virtual Laboratory Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Mahasiswa pada Materi Ayunan Puntir. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 131–136. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.120

Majda, L., Ibrahim, N., & Waspodo, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual dan Motivasi Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika di SMPIT Ar Rahmah Cijeruk Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 137–150. https://ejournal2.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/163

Maryam, E. (2020). Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Statis. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.35438/e.v7i2.173

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553

Mujasam, Setiaji, T., Yenusi, K. A., & Allo, A. Y. T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Media Laboratorium Virtual di SMA Negeri 1 Manokwari. Journal on Education, 5(4), 15716–15722. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2677

Nadiya, A. Z., Sirait, J., & Hamdani, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1773–1781. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.776

Napirah, M., Sahara, L., Hunaidah, M., & Alkamalia, W. (2023). Penyuluhan Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan dan Pengenalan Laboratorium Virtual Fisika pada Siswa Madrasah Aliyah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 113–120. https://doi.org/http://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.126

Napirah, M., Tahang, L., Naim, Syarifuddin, & Abdin. (2022). Pelatihan Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Microsoft Powerpoint Bagi Guru SMA. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.40

Nurhasanah, N., Sutrio, S., Makhrus, M., & Susilawati, S. (2023a). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi Pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web. Experiment: Journal of Science Education, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23280

Nurhasanah, N., Sutrio, S., Makhrus, M., & Susilawati, S. (2023b). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Web Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi. Kappa Journal, 7(3), 422–427. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i3.23080

Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., & Patonah, S. (2021). Motivasi Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Fisika melalui Virtual Laboratory. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 243–247. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i3.152

O’Dea, R. E., Lagisz, M., Jennions, M. D., Koricheva, J., Noble, D. W. A., Parker, T. H., Gurevitch, J., Page, M. J., Stewart, G., Moher, D., & Nakagawa, S. (2021). Preferred reporting items for systematic reviews and meta‐analyses in ecology and evolutionary biology: a PRISMA extension. Biological Reviews, 96(5), 1695–1722. https://doi.org/10.1111/brv.12721

Panda, F. M., & Boy, B. Y. (2022). Implementation of PhET Virtual Laboratory Media-Based Physics Learning on The Progress of Student Concept Mastery During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 123. https://doi.org/10.31258/jgs.9.2.123-128

Pramudyani, A. V. R. (2018). Penelitian Pendidikan (Vol. 1). Penerbit Suryacahya.

Prasetya, F. M. A., Hakim, L., & Lefudin. (2022). Penerapan Laboratorium Virtual PhET Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7098

Putra, A. P., Rochman, C., & Setya, W. (2020). Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual PhET Materi Teori Kinetik Gas. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 80–86. https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.7991

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab PhET Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47–51. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/808

Revvina, E., Arini, W., & Amin, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual PheT Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 161–168. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16752

Suryawati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Percobaan Virtual Lab untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Kalor Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Serambi Akademica, 9(6), 979–988. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v9i6.3187

Syahril, W., Pattaufi, & Hakim, A. (2023). Hubungan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbasis Lab Virtual dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kelas X SMA Negeri 3 Enrekang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3716–3728. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2301

Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Variabel, 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2607

Yanti, Y., Masril, Hidayati, & Darvina, Y. (2019). Pengaruh penerapan LKS virtual laboratory dalam pembelajaran konstruktivisme terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 15 Padang. Pillar of Physics Education, 12(1), 153–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/4781171074

Yunitasari, Y., Sudarwan Danim, & Muhammad Kristiawan. (2022). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1117–1124. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.763

Zaturrahmi, Z., Festiyed, F., & Ellizar, E. (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 228–236. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6474

Zulkarnaini, Zamzami, & Mahyuddin. (2019). Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Rangkaian Arus Bolak Balik. Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disipin Ilmu Unaya), 3(1), 790–796. http://103.52.61.43/index.php/semdiunaya/article/view/710

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Napirah, M., Abdin, Syarifuddin, Kasman, & Safiuddin, A. (2024). Studi Literatur Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 108–116. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.126