Pengembangan LKPD Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke SMA/MA Kelas XI

Authors

  • Fatima Novrianti Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah M Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Syarifuddin Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.127

Keywords:

LKPD, Model Pembelajaran CinQASE, flip pdf professional, berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan LKPD model pembelajaran CinQASE pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik SMA kelas XI yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D dengan tahapan defenisi, peracangan, pengembangan, dan penyebaran. LKPD yang telah dikembangkan dalam penelitian ini di uji cobakan di SMAN 01 Konawe Kelas XI. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD dinyatakan layak digunakan ditinjau dari nilai validitas 0,86 dengan kategori sangat tinggi. Nilai kepraktisan lembar keterlaksanaan pada uji coba terbatas adalah 3,55 dengan kategori baik, respon siswa diperoleh persentase akhir sebesar 83,2% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon guru diperoleh rata-rata 4,32 dengan kategori sangat baik. Nilai keefektifan rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis pada uji coba terbatas adalah 0,53 dengan kategori sedang dan hasil belajar siswa adalah 0,58 dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika pada Peserta Didik Kelas IPA Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1).

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem-based learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 13. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Arsih, F. (2014). Keterampilan Proses Sains. Padang: UNP Press. Depdiknas. 2008. Panduan.

Arikunto. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Sagung Seto.

Cahyani, W., Mudiono, A., & Putra, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Menggunakan iSpring untuk Siswa Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 9(1), 44–55. https://doi.org/10.17977/um031v9i12022p044

Hake. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Score on Mathematics and Spatial Visualization. Indiana University.

Hake, R. R. (1999). Analizing Change/Gain Score. http://physics.indiana.edu/sdi/analizingChange-Gain.pdf.

Hasanah, U., & Kamalia Siregar, L. N. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan materi operasi hitung perjumlahan dan pengurangan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 692. https://doi.org/10.29210/1202323008

Hunaidah M, Susantini, E., & Wasis. (2018). Validitas Model Pembelajaran CinQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Individual Critical Thinking (INCT) dan Collaborative Critical Thinking (CCT). Seminar Nasional Fisika.

Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Pudjawan, K. I. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Punaji, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.

Seniati, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Pecahan di Kelas V MIN 2 Pontianak Barat. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 38–47. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.1991

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Novrianti, F., Hunaidah M, & Syarifuddin. (2024). Pengembangan LKPD Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke SMA/MA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 100–107. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.127