Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Media Berbasis Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Parabola Kelas XI di SMA Negeri 12 Konawe Selatan

Authors

  • Alma Septiana Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah M Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Maronta Galib Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.128

Keywords:

Model pembelajaran CinQASE, media canva, penguasaan konsep, gerak parabola

Abstract

Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui meningkatnya penguasaan konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CinQASE dibandingkan menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan disekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain  pretest-posttest control group desain dengan populasi seluruh kelas XI MINAT MIA SMAN 12 Konawe Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kelas XI A MINAT MIA sebagai kelas eksperimen dan XI B MINAT MIA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi sebanyak jumlah pertemuan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan 1) nilai rata-rata posttest penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol, yakni 83,63 untuk kelas eksperimen dan 61,81 untuk kelas kontrol. 2) nilai rata-rata NGain penguasaan konsep peserta didik dikelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandikan dikelas kontrol yakti 0,79 untuk kelas eksperimen yang masuk dalam kategori tinggi dan 0,49 untuk kelas kontrol yang masuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran CinQASE berbantuan media berbasis canva dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi gerak parabola kelas XI di SMAN 12  Konawe Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. S., Salam, A., Haryandi, S., & Rahman, N. F. A. (2023). Effectiveness of the CinQASE Web Integrated Learning Model to Train Higher Order Thinking Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 309. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i2.9191

Herliandry, L. D., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166

Hunaidah, Endang, S., Wasis, & Muhammad, A. M. (2022). Model Pembelajaran CinQASE. CV. Global Aksara Press.

Hunaidah, Sahara, L., Husein, H., & Mongkito, V. H. R. (2022). Pengembangan E-Modul Model Pembelajaran CinQASE Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 137–150. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v6i1.2432

Hunaidah, Susantini, E., Wasis, Prahani, B. K., & Mahdiannur, M. A. (2018). Improving Collaborative Critical Thinking Skills of Physics Education Students through Implementation of CinQASE Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1108, 012101. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012101

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara.

Rahmatin, J. A., Wahyudi, Doyan, A., & Hikmawati. (2024). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran CINQASE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Journal of Classroom Action Research, 6(1).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.CV.

Wahyuni, R. S., Hunaidah, & Erniwati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 171–177.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Septiana, A., Hunaidah M, & Galib, L. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Media Berbasis Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Gerak Parabola Kelas XI di SMA Negeri 12 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 117–122. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.128