Penentuan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan Mengggunakan Metode Standard Setting Berbasis Tes pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Kendari

Authors

  • Melfin Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Luh Sukariasih Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.130

Keywords:

KKM, standard setting, angoff, ebel, panelis, judgement panelis

Abstract

KKM diperlukan sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik dan sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. Sehingga diperlukan suatu metode untuk menentukan KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menentukan nilai KKM menggunakan  metode standard setting berbasis tes: metode Angoff dan metode Ebel dan untuk menentukan nilai KKM SMA Negeri 2 Kendari serta mengetahui kelayakan metode Angoff dan metode Ebel. Jenis penenlitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data kuantitatif berupa skor penilaian dalam penentuan KKM. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kendari. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) penentuan nilai KKM dengan menggunakan metode Angoff dan metode Ebel diperoleh dari hasil judgement 3 orang panelis; (2) nilai KKM yang diperoleh dengan menggunakan metode Angoff yaitu 72,1 dan metode Ebel yaitu 72,2; dan (3) hasil analisis kelayakan metode manyatakan metode Angoff dan metode Ebel layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anto, S., & Mardapi, D. (2013). Komparasi Metode Standard Setting untuk Penentuan KKM Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 369–388. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1706

Athanasou, J. A., & Lamprianou, I. (2009). A Teacher’s Guide to Educational Assessment. Sense Publishers.

Hartini, S. (2009). Penetapan Standard Kompetensi Performance Standard Setting. Joglo, 21(1).

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Nuryawati, D. (2014). Komparasi metode Angoff dan Ebel dalam menetapkan skor batas bawah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Retnawati, H. (2010). Menentukan Batas Kelulusan (Standard Setting) pada Mata Pelajaran Matematika dengan Metode Angoff. UNY.

Sarwono, J., & Budiono, H. (2012). Statistik Terapan Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan SPSS, AMOS dan Excel. Gramedia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Melfin, Erniwati, & Sukariasih, L. (2024). Penentuan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal dengan Mengggunakan Metode Standard Setting Berbasis Tes pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 131–138. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.130