Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Konsep Fluida Statis dengan Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test di SMA Negeri 2 Kendari

Authors

  • Asrida Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Luh Sukariasih Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Yuris Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.131

Keywords:

Miskonsepsi, Four Tier Diagnostic Test, Fluida Statis

Abstract

Miskonsepsi adalah suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang itu. Mengidentifikasi miskonsepsi atau kesalahan konsep harus dilakukan sedini mungkin agar tidak menyebabkan terjadinya kesalahan konsep yang berkelanjutan pada materi-materi fisika yang lain. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran miskonsepsi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari pada konsep fluida statis dengan menggunakan Four-Tier Diagnostic Test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa SMA Negeri 2 Kendari kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 sejumlah 52. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah nilai miskonsepsi peserta didik yang diperoleh dengan memberikan tes diagnostik Four-Tier dengan jumlah 20 butir soal pilihan ganda disertai alasan yang dilengkapi dengan tingkat keyakinan peserta didik dan wawancara yang dilakukan sebagai pendukung untuk mengkonfirmasi hasil tes yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran miskonsepsi peserta didik pada konsep fluida statis diperoleh rata-rata sebesar 46,25% dengan tingkat miskonsepsi sedang. Untuk subkonsep miskonsepsi tertinggi yaitu hukum Pascal sebesar 53,3% dengan tingkat miskonsepsi sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auli, S., Diana, N., & Yuberti. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 155–161.

Burhan, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.

Eviyani, E. (2017). Analisis Miskonsepsi Fisika Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Dengan Teknik Certainty Ofresponse Index (CRI) Pada Siswa Kelas X Di SMA Xaverius Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 23–29.

Fitria. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Disertai Certainty of Response Index(Cri) Pada Materi Usaha Dan Energi. Universitas Negeri Malang.

Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi V Jilid 1. Erlangga.

Hermita, N., Suhandi, A., Syaodih, E., Samsudin, A., Isjoni, Johan, H., Rosa, F., Setyaningsih, R., Sapriadil, & Safitri, D. (2017). Constructing and Implementing a Four Tier Test about Static Electricity to Diagnose Pre-service Elementary School Teacher’ Misconceptions. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012167. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012167

Imtiyaz, F. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Fluida Statis dengan Menggunakan Certainty Of Response Index Termodifikasi dan Four-tier Multiple Choice Test. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Indah, I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 381–384.

Jannah, M. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-tier Diagnostic Test pada Pokok Bahasan Fluida Statis Siswa Kelas X SMKN 2 Kendari. Universitas Halu Oleo.

Pertiwi, C. A., & Setyarsih, W. (2015). Konsepsi Siswa Tentang Pengaruh Gaya pada Gerak Benda Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Termodifikasi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 162–168.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Tarsito.

Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 1–10.

Saputra, O., Setiawan, A., & Rusdiana, D. (2019). Identification of student misconception about static fluid. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 032069. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032069

Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–153.

Sidik, A. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certanty Of Response Index (CRI) pada Materi Fluida Statis Kelas XI di SMA Negeri 7 Makassar. Universitas Muhamadiyah Makassar.

Sulastry, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Arongan Lambalek.

Sutrisno. (2017). Fisika Dasar I (Mekanika, Fluida, & Gelombang). UIN Jakarta Press.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3), 67–70.

Syuhendri, S. (2019). Student teachers’ misconceptions about gravity. Journal of Physics: Conference Series, 1185, 012047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012047

Syuhendri, Syuhendri. (2017). A Learning Process Based on Conceptual Change Approach to Foster Conceptual Change in Newtonian Mechanics. Journal of Baltic Science Education, 16(2), 228–240. https://doi.org/10.33225/jbse/17.16.228

Wahyuni, S. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Konsep Fluida Statis di Kelas XI SMAN 5 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Asrida, Sukariasih, L., & Yuris, M. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Konsep Fluida Statis dengan Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test di SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 139–151. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.131