Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Perubahan Iklim Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Notarisman Halawa Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Lampung, Indonesia
  • Viyanti Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Lampung, Indonesia
  • Anggreni Prodi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.134

Keywords:

Keterampilan berpikir kritis, LKPD, project based learning, pengembangan

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam menjamin keberlangsungan hidup suatu bangsa dan negara, karena melalui pendidikan akan terciptanya generasi yang cerdas, sehingga mengharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yang dapat menunjang keberlangsungan hidupnya dimasa yang akan datang. Salah satu keterampilam yang dapat menunjang adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan LKPD berbasis project based learning pada materi perubahan iklim berorientasi keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari Richey & Klien yang terdiri dari 4 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Uji validitas ini dilakukan oleh 3 orang ahli yang terdiri dari 2 dosen Pendidikan Fisika dan 1 orang guru IPA SMP. Penilaian uji validitas ini dilihat berdasarkan dua aspek yaitu aspek media dan desain serta materi dan konstruk dengan skor rata-rata sebesar 3,44 dengan kategori sangat valid. Sehingga berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis project based learning pada materi perubahan iklim berorientasi keterampilan berpikir kritis sangat valid dan layak untuk di implementasikan pada pembelajaran IPA kelas VII pada materi perubahan iklim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan MOdel Pengembangan 4D Pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 135–146.

Anugerahwati, M. (2019). Integrating he 6Cs of the 21^th Century Education Into the English Lesson and The School Literacy Movement in Secondary School. IsoLEC. Interantional Seminar on Language Education Culture.2(1), 165-171.

Astri, E. K., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 51–59.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kela VII SMP/MTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia; Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024.

Chiu, C. F. (2020). Facilitating k-12 teachers in creating apps by visual programming and project-based learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(1), 103–118.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Acary: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 1-8

Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project-based Learning terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80.

Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment, 69(2), 1–29.

Hikmah, Faikotul. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat, Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X IPA Di MAN 2 Jember. Skripsi: Tarbiah dan Ilmu Keguruan: UIN Kiai Haji Achnad Sidik Jember.

Indrawati, & setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan untuk Guru Sd. Bandung:PPPPTK IPA

Kocak, O., Coban, M., Aydin, A., & Cakmak, N. (2021). The Mediating role Of Critical THinking and Cooperativity In THe 21st Century Skills Of Higher Education Students. Journal Thinking Skills and Creativity, 42(1), 100967. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100967

Lucas, G. (2007). Instructional Models Project Based Learning. Edutopia.

Matodang, Z. (2018). Validasi dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Tabulasi PSS UNIMED, 2(1), 87-97.

Monica, I., Nurhamidah., & Elvinawati. 2023. Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Alotrop: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 7(1), 33-34

Pareken, M., Patandean, A. J., & Palloan, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika,11(03), 214-221

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikr Kritis dan Konsep Diri DEngan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrai Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515.

Ratumanan, T. G., & Laurent, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan (2nd ed). Unesa University Press: Surabaya.

Richey, C. R., & Klien, D. J. (2007). Design and Development Research Method, Strategies, and Issues. Lawrence Erlbaum Association: London.

Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvment Of Students Criticl Thinking Ability Sin Physics Materials Through The Aplication Of Problem Based Learning. IJORER: Iternational Journal of Recent Education Research, 3(5), 534–545. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247

Smith, E. M., & Holmes, N. G. (2020). Evaluating Instructional Labs Use of Deliberate Practice to Teach Critical Thinking Skills. Physical Review Physics Education Research, 16(2), 20150. https://doi.org/https://doi.org/10.1103/PhysRevPhyEducRes.16.020150

Yuriza, P. E., Ardisyahputra, & Sigit, D. V. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir ingkat Tinggi Dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi SainsPada Siswa SMP. Jurnal Pendidikna Biologi, 11(1), 13–20.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Halawa, N., Viyanti, & Anggreni. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Perubahan Iklim Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 171–180. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.134