Aplikasi Modellus sebagai Virtual Laboratory Assisted Program untuk Pembelajaran Fisika

Authors

  • Indah Slamet Budiarti Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Hironimus N Jehalu Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Derlin S Kakihary Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Meilanny E Runggaweri Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Silvia Anggri Wijaya Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.135

Keywords:

Aplikasi modellus, gerak lurus berubah beraturan, laboratorium virtual, pembelajaran fisika

Abstract

Video pembelajaran merupakan media yang dapat membantu proses pembelajaran  fisika. Pembelajaran fisika memerlukan video pembelajaran yang mampu menyajikan materi dengan kreatif, sehingga terlihat menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbantu aplikasi modellus. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui angket yang diberikan setelah responden menyaksikan video pembelajaran tentang gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Responden berjumlah 28 orang mahasiswa program studi pendidikan fisika, Universitas Cenderawasih. Berdasarkan hasil penelitian, data diperoleh dari empat indikator yang menjadi acuan untuk menganalisis pemanfaatan video pembelajaran. Indikator pertama yaitu minat belajar mendapatkan respons 34% sangat setuju. Indikator kedua yaitu desain video pembelajaran, meliputi animasi/gambar, kesesuaian materi GLBB pada umumnya dan juga kejelasan konten pada video pembelajaran, mendapatkan 40,47% sangat setuju. Indikator ketiga yaitu pemahaman konsep setelah menggunakan video pembelajaran berbasis virtual laboratory dengan aplikasi modellus mendapat respons 34% sangat setuju. Indikator terakhir yaitu motivasi belajar mendapat respons 34,6% sangat setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, R. I., Rizal, A. & Susilawati, S. (2020). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kualitas Pemahaman Konsep Fisika di SMA Negeri 6 Karawang. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 95–98.

Alpaslan, M. M. (2016). Exploring the Relationship Between High School Students’ Physics-Related Personal Epistemologies and Self-regulated Learning in Turkey. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(2), 297–317. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9685-7

Andari, S. (2021). Student Exchange Program of Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) in Covid-19 Pandemic. JPP (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran), 28(1), 30–37. https://doi.org/ 10.17977/um047v27i12021p030

Batuyong, C. T., & Antonio, V. V. (2018). Exploring the Effect of PhET Interactive Simulation-Based Activities on students’ Performance and Learning Experiences in Electromagnetism. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(2), 121–131.

Bohmer, R. (2020). Learning Systems: Managing Uncertainty in the New Normal of COVID-19. NEJM Catalyst Innovations in Care Delivery Massachusetts Medical Society, 1(4), 1-12.

Chou, S., & Liu, C. (2005). Learning effectiveness in a Web‐Based Virtual Learning Environment: a Learner Control Perspective. Journal of Computer Assisted Learning Wiley Online Library, 21(1), 65–76.

Desnoyers, P. (2012). Modellus: Automated Modeling of Complex Internet Data Center Applications. ACM Transactions on the Web (TWEB), 6(2), 1–29.

Diani, R. & Syarlisjiswan, M. R. (2018). Web-Enhanced Course Based on Problem-Based Learning (PBL): Development of Interactive Learning Media for Basic Physics II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 90-105.

Dickey, E. (1998). Modellus: Interactive Modeling with Mathematics’ the Mathematics Teacher. National Council of Teachers of Mathematics, 91(6), 517-528.

Downes, S., & Ralston, A. (2021). Australian College of Physical Scientists and Engineers in Medicine Asia‐Pacific Special Interest Group: The first ten years. Journal of Medical Imaging and Radiation Oncology. https://doi.org/10.1111/1754-9485.13259

Durand, M. de T. et al. (2019) ‘Students’ perception of animal or virtual laboratory in physiology practical classes in PBL medical hybrid curriculum’, Advances in physiology education. American Physiological Society Bethesda, MD, 43(4), pp. 451–457.

Gomes Neves, R., Carvalho Silva, J. and Duarte Teodoro, V. (2010) ‘Computational Modelling with Modellus: An Enhancement Vector for the General University Physics Course’, arXiv e-prints, p. arXiv-1006.

Gong, J. W. et al. (2021) ‘An integrated multi-criteria decision making approach with linguistic hesitant fuzzy sets for E-learning website evaluation and selection’, Applied Soft Computing. Elsevier Ltd, 102.

Handoko, S. T. and Rumbekwan, A. (2020) ‘PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU SEJARAH SMAKOTA JAYAPURA DI ERA PANDEMI COVID-19’, in Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020.

Herayanti, L. et al. (2019) ‘Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru-guru di sdn 1 ubung dengan memanfaatkan bandicam’, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Hutagalung, S. N. and Parinduri, I. (2021) ‘Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan Modellus X 04.05 Di Universitas Budi Darma’, in SINASIS (Seminar Nasional Sains).

Indonesia, K. B. B. (2017) ‘Kamus versi online/daring (dalam jaringan)’, Kata Dasar refresif” dalam https://www. kbbi. web. id/represif.

Jonny, H. P., Rajagukguk, D. and Rajagukguk, J. (2020) ‘Computational Modelling Based on Modellus to Improve Students’ Critical Thinking on Mechanical Energy’, in Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, p. 12042.

Kholiq, A. (2020) ‘Development of B D F-AR 2 (Physics Digital Book Based Augmented Reality) to train students’ scientific literacy on Global Warming Material’, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), p. 50. doi: 10.20527/bipf.v8i1.7881

KBBI. (2017). https://kbbi.web.id/virtual

Kurniasih, Y., Hamdu, G. and Lidinillah, D. A. M. (2020) ‘Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), pp. 174–185.

Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R. and Fajar, D. M. (2020) ‘Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa’, VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), pp. 19–28.

Kurniawan, W. et al. (2019) ‘Virtual Laboratory Based Guided Inquiry: Viscosity Exsperiments’, JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), p. 91. doi: 10.26737/jipf.v4i2.1069

Kustandi, C. (2013) ‘Bambang Sutjipto’, Media Pembelajaran, Manual dan Digital.

Lestari, E. S. (2017) ‘Penggunaan Media Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Prosedural Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi’. FKIP Unpas.

Machado, A. F., Siqueira, R. and Lopes, T. (no date) ‘Using educational soware in teaching Physics and Mathematics’, in THE 5th INTERNATIONAL CONFERENCE RESEARCH IN DIDACTICS OF THE SCIENCES, p. 41.

Manalu, A. N. et al. (2021) ‘Digital Literacy Overview: Challenges in Online Physics Learning at New Normal Era’, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), p. 16. doi: 10.20527/bipf.v9i1.9367

Maryam, E. (2021) ‘Pengaruh Software Modellus sebagai Media Simulasi Virtual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika’, SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 3(2), pp. 144–157.

Muanafi, M. (2021) ‘PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), pp. 134–139.

Ndihokubwayo, K., Uwamahoro, J. and Ndayambaje, I. (2020) ‘Effectiveness of PhET Simulations and YouTube Videos to Improve the Learning of Optics in Rwandan Secondary Schools’, African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education. Taylor & Francis, 24(2), pp. 253–265.

Neves, R. G. M., Neves, M. C. and Teodoro, V. D. (2013) ‘Modellus: Interactive computational modelling to improve teaching of physics in the geosciences’, Computers & Geosciences. Elsevier, 56, pp. 119–126.

Neves, R. G., Silva, J. C. and Teodoro, V. D. (2010) ‘Computational modelling with Modellus: an enhancement vector for the general university physics course’, arXiv preprint arXiv:1006.4662.

Oxford, R. L. (2001) ‘Language learning strategies. In the Cambridge guide to teaching English to speakers of other languages, eds. R. Carter and D. Nunan, 166–172’. Cambridge: Cambridge University Press.

Rezeki, S. and Ishafit, I. (2017) ‘Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan media simulasi dengan modellus untuk pembelajaran kinematika di sekolah menengah atas’, in Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), pp. 130–133.

Rideout, V. (2014) ‘Learning at home: Families’ educational media use in America.’, in Joan Ganz Cooney Center at Sesame Workshop. ERIC.

Rusman, M. P. (2017) Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Sadikin, A. and Hamidah, A. (2020) ‘Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19’, Biodik, 6(2), pp. 214–224.

Serway, R. A. and Jewett, J. W. (1998) Principles of physics. Saunders College Pub. Fort Worth, TX.

Siahaan, P. et al. (2017) ‘Improving students’ science process skills through simple computer simulations on linear motion conceptions’, in Journal of Physics: Conference Series, p. 12017.

Soares, D. da S. and Borba, M. C. (2014) ‘The role of software Modellus in a teaching approach based on model analysis’, ZDM. Springer, 46(4), pp. 575–587.

Susilawati, S. and Ishafit, I. (2020) ‘Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Media Simulasi dengan Modellus pada Materi Gerak Melingkar Beraturan’, Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(1), pp. 29–34.

Teodoro, V. (2002) Modellus: learning physics with mathematical modelling. Universidade NOVA de Lisboa (Portugal).

Webster, J. and Hackley, P. (1997) ‘Teaching effectiveness in technology-mediated distance learning’, Academy of management journal. Academy of Management Briarcliff Manor, NY 10510, 40(6), pp. 1282–1309.

Yustina, Y., Halim, L. and Mahadi, I. (2020) ‘The Effect of “Fish Diversity” Book in Kampar District on the Learning Motivation and Obstacles of Kampar High School Students through Online Learning during the COVID-19 Period’, Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), pp. 7–14. doi: 10.46843/jiecr.v1i1.2.

Zammel, I. Ben, Najar, T. and Belghith, A. (2018) ‘Determinants of e-learning effectiveness: the case of Tunisian virtual school of post office’, in International Conference on Digital Economy. Springer, pp. 165–172.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Budiarti, I. S., Jehalu, H. N., Kakihary, D. S., Runggaweri, M. E., & Wijaya, S. A. (2024). Aplikasi Modellus sebagai Virtual Laboratory Assisted Program untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(3), 181–189. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i3.135