Efektivitas Media Pembelajaran Power Point terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Malunda

Authors

  • Wahyu Adrian Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Pariabti Palloan Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Khaeruddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.17

Keywords:

Efektivitas, Media Pembelajaran Power Point, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran power point dalam pembelajaran fisika materi fluida statis di kelas XI SMAN 1 Malunda pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 peserta didik yang tersebar dalam 3 kelas parallel. Salah satu kelas dipilih secara acak untuk diberikan media pembelajaran power point dengan jumlah 32 peserta didik. Adapun indikator efektif tidaknya media pembelajaran power point adalah ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar fisika. Dalam proses pembelajaran menggunakan media power point tampak bahwa peserta didik semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan pembelajarannya sebelumnya yang hanya menggunakan media buku dan metode ceramah. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan instrumen tes dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar fisika tahap pretest adalah 7,78 dan pada tahap posttest adalah 14,94. Untuk indikator pertama ketuntasan belajar, pada tahap pretest sebanyak 9,4% peserta didik tuntas atau mencapai kriteria minimum dan 90,6% peserta didik tidak tuntas. Pada tahap posttest, sebanyak 87,5% peserta didik tuntas dan 12,5% peserta didik tidak tuntas. Untuk selanjutnya indikator peningkatan hasil belajar, berdasarkan analisis menggunakan rumus N-gain diperoleh peningkatan hasil belajar fisika peserta didik sebesar 0,48 yang berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahyu Adrian , Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Pariabti Palloan , Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

Khaeruddin, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Abdillah, A. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran dan Minat Belajar Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri dan Swasta Di Jakarta Timur. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 1(2).

Andriani, M. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW). https://repository.uksw.edu/handle/123456789/15949

Bahar, H., & Afdholi, N. S. (2019). Ketuntasan belajar IPA melalui number head together (NHT) pada kurikulum 2013. Jurnal Holistika, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.24853/holistika.3.1.1-12

Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. Padang: UNP Press.

Fuadah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Al Tarjamah Al Fauriyah dalam Meningkatkan Maharah Al Qira’ah Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2018/2019. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 71-92. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.10125

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329-344.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30. http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wajdi, B. (2015). Pemanfaatan Media Power Point Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v3i2.234

Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan, 1(2), 13-20. http://dx.doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Adrian , W., Palloan , P., & Khaeruddin. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Malunda. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 115–120. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.17

Issue

Section

Articles