Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Five-Tier Diagnostic Test pada Materi Fluida Statis di SMAN 7 Kota Jambi

Authors

  • Rini Simamora Universitas Jambi, Indonesia
  • Maison Universitas Jambi, Indonesia
  • Wawan Kurniawan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.18

Keywords:

Miskonsepsi, Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi fluida statis di SMAN 7 Kota Jambi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 72 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 7 Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen tes miskonsepsi berformat five-tier diagnostic test yang terdiri dari 11 pernyataan berkaitan dengan materi fluida statis sub materi tekanan hidrostatis, hukum Pascal, hukum Archimedes dan viskositas. Data dianalisis dengan statistik deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata miskonsepsi peserta didik sebesar 44,8% termasuk dalam kategori sedang namun persentasenya lebih besar dari pemahaman lainnya. Miskonsepsi paling banyak terjadi pada sub materi hukum Archimedes yaitu sebesar 34,7% dari keseluruhan miskonsepsi. Miskonsepsi pada sub materi lainnya yaitu tekanan hidrostatis sebesar 19,7%, hukum Pascal sebesar 29,3% dan viskositas sebesar 16,3%.  Dengan demikian disimpulkan bahwa peserta didik di SMAN 7 Kota Jambi masih banyak yang mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran fisika khususnya materi fluida statis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Simamora, Universitas Jambi, Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika

Maison, Universitas Jambi, Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika

Wawan Kurniawan , Universitas Jambi, Indonesia

Jurusan Pendidikan Fisika

References

Abdullah, B. (2017). Makna Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Istiqra’, 5(1), 94–102.

Ady, W. N., & Warlina, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebabnya Pada Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(2), 10–17.

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). The Physic Problem Solving Difficulties On High School Student. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya, 5(2), 44–50. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Cahyani, H., Samsudin, A., Tarigan, D. E., Kaniawati, I., Suhendi, E., Suyana, I., & Danawan, A. (2019). Identifikasi miskonsepsi fluida statis pada siswa SMA menggunakan four-tier diagnostic test. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 114–124.

Darwis. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5(1), 15–24.

Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Harmania, Aisyah, A., & Patandean, J. (2020). Miskonsepsi Materi Fluida Statis Pada Peserta Didik Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2(2013), 2–5.

Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016

Irianti, E. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Four Tier Diagnostic Test. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(2), 1–10.

Izza, R. I., Nurhamidah, & Elvinawati. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 55–63.

Kasumawati. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Benda dan Perubahannya melalui Penggunaan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III SD Negeri 16 Buntok Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Mitra Pendidikan, 5(7), 507–516.

Nisa, M., Munawaroh, F., Yasir, M., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Tekanan Zat di SMP Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Natural Science Education Research, 4(3), 183–192. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8365

Nurulwati, N., Veloo, A., & Ali, R. (2017). Suatu Tinjauan Tentang Jenis-Jenis Dan Penyebab Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 87–95.

Rahmah, C. M., Nasir, M., & Bahri, S. (2018). Identifikasi MiskonsepsiMenggunakan Certainty Of Response Index(CRI) padaMateri Kinematika Gerak Lurus di MAN4 Aceh Besar. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 2(2), 5–10.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X Mia Sma Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033

Sari, K. (2018). Miskonsepsi Pembelajaran Fisika pada Konsep Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Serambi PTK, 5(2), 24–29. ojs.serambimekkah.ac.id

Shalihah, A., Mulhayayiah, D., & Alatas, F. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Three-tier pada Hukum Newton dan Penerapannya. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.15575/jtlp.

Sulastry, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Fluida Statis di SMA Negeri 1 Arongan Lambalek. UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Suwarna, I. P. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika melaluiCRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi. Jurnal Laporan Lemlit Analisis Miskonsepsi, 5(2), 221–235.

Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53

Wartono, Saifullah, A. M., & Sugiyanto. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1), 20–27.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50–58.

Yuniarti, E., Bahar, A., & Elvinawati. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 69–82.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Simamora, R., Maison, & Kurniawan , W. (2023). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Five-Tier Diagnostic Test pada Materi Fluida Statis di SMAN 7 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 139–144. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.18

Issue

Section

Articles