Analisis Materi Fisika dalam Buku IPA SMP Kelas VIII yang Bermuatan Keterampilan Proses Sains

Authors

  • Iswar Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amiruddin Takda Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Tahang Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.2

Keywords:

Buku IPA SMP, Keterampilan Proses Sains, Unsur-unsur KPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyajian unsur-unsur keterampilan proses sains (KPS) dalam buku ajar IPA SMP Kelas VIII Semester 1 pada materi fisika. Penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu buku IPA kelas VIII kurikulum 2017 edisi revisi terbitan kemendikbud, buku IPA Terpadu kelas VIII terbitan Erlangga dan buku IPA Terpadu terbitan Yudhistira. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen unsur-unsur keterampilan proses sains yang diadopsi dari Nuryani Rustaman. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur keterampilan sains telah disajikan dengan baik meskipun terdapat unsur yang belum terpenuhi yaitu unsur berhipotesis dan mengajukan pertanyaan. Unsur keterampilan proses yang paling banyak muncul yaitu unsur observasi, yang merupakan keterampilan paling dasar dalam melakukan suatu percobaan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru memilliki banyak referensi buku IPA SMP kelas VIII  dalam meningkatkan KPS siswa dan tidak hanya mengacu dalam satu buku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, A., & Erman, E. (2021). Analisis Unsur-Unsur Keterampilan Proses Sains Dalam Buku IPA SMP. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 147-153. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37035

Antrakusuma, B., Masykuri, M., & Ulfa, M. (2017). Analysis Science Process Skills Content in Chemistry Textbooks Grade XI at Solubility and Solubility Product Concept. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 72. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16682

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., & Br. Ginting, A. A. (2021). Relationship of Science Process Skills on Critical Thinking Ability Review By Gender In Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 711–735. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21391

Irez, S. (2008). Nature of Science as Depicted in Turkish Biology Textbooks. Science Education, 93(3).

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 49–54. Retrieved from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index.

Mahmudah, L. (2016). Pentingnnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA Di Madrasah. Elementary : Islamic Teacher Journal, 4(1), 167–187. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rustaman, N. (2018). Modul 1 Bekerja Ilmiah. In Materi dan Pembelajaran IPA Di SD. Universitas Terbuka.

Sandu Siyoto, & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Shodiqah, N. A. (2022). Analisis Muatan Ketrampilan Proses Sains (KPS) dalam Buku Ajar IPA Terpadu Kelas VII Semester 1. Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/87139

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru.

Tantia, L. I. (2016). Keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 21 Surabaya pada materi kalor dan perpindahannya. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 4(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/14972

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Iswar, Takda, A., & Tahang, L. (2023). Analisis Materi Fisika dalam Buku IPA SMP Kelas VIII yang Bermuatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 145–151. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.2

Issue

Section

Articles