Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Cahaya dan Alat Optik
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.20Keywords:
Multimedia pembelajaran, Berbasis articulate storyline, kevalidan, keefektifan, kepraktisanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan multimedia pembelajaran dan tingkat kelayakan dari multimedia tersebut. Tingkat kelayakan multimedia berbasis articulate storyline dinilai dari tingkat kevalidan, keefektifan dan kepraktisan multimedia saat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Implementasi dilakukan dengan uji coba terbatas pada 15 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, checklist dan tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar validasi multimedia, lembar angket respon peserta didik dan guru, serta tes penguasaan konsep yang divalidasi oleh 3 ahli multimedia. Hasil penelitian menghasilkan produk multimedia berbasis articulate storyline, multimedia yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan multimedia pembelajaran diperoleh dari: (1) kevalidan multimedia pembelajaran diperoleh dengan kategori valid, dengan nilai rata-rata 0,80. (2) keefektifan multimedia diperoleh dari peningkatan penguasaan konsep peserta didik dengan nilai rata-rata postes 73,2 dan diperoleh nila rata-rata n-gain 0,48 dengan kategori sedang. (3) kepraktisan multimedia diperoleh dari angket respon peserta didik dan guru, hasil penilaian angket respon guru diperoleh nilai persentase 95% sedangkan angket respon peserta didik diperoleh nilai persentase 77,12%.
Downloads
References
Agustin, M. D dan Ulhaq Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaraan Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(8), 3093-3102. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42320
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Darnawati, J., & Batia, L. (2019). Irawaty, and Salim,“Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline,”. Pengabdi. Kpd. Masy, 1(1). http://dx.doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Dick, W. and Carey, L. (1990). The Systematic Design of Instruction. (Third ed.). United States of America : Harper Collins Publishers.
Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
Rahayu, P. D. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Kelas VII SMP. Skripsi. Universitas Halu Oleo Kendari.
Rini, D. K., & Wiyarno, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Kahootsiswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Kab. Pasuruan. Jurnal Education and development, 7(2), 261-267. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.1017
Sapitri, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi articulate storyline pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA. Inovtech, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.115
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putu Sriani, Muhammad Anas, Luh Sukariasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.