Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Kelistrikan Kelas IX-A SMP-TQ Muadz Bin Jabal

Authors

  • Jamila SMP-TQ Muadz Bin Jabal, Jl. Prof. Abd. Rauf Tarimana Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.25

Keywords:

Hasil belajar, lembar kerja peserta didik (LKPD)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana gambaran hasil peserta didik kelas IXA pada saat materi Kelistrikanna melalaui pemanfaatan lembar kerja peserta didik (LKPD) Tujuannya untuk mendeskripsikan hasil peserta didik kelas IXA pada saat materi kelistrikan melalaui pemanfaatan LKPD. Penelitian ini dilaksanakan Kelas IXA SMPTQ Muadz Bin Jabal kendari pada bulan september 2022 pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi kelistrikan LKPD, tes siklus I dan II (setelah pemberian tindakan); lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar aktivitas guru untuk kondisi pelaksanaan tindakan; serta jurnal refleksi diri. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Pada siklus I, guru kurang memberikan kesempatan untuk bertanya kepada peserta didik .Selain itu, kegiatan kelompok belajar peserta didik juga tidak tampak karena hanya beberapa peserta didik yang belum memahami permasalahan yang di bahas dan belum siap untuk mempresentasikan hasil pendapatnya. Guru kurang memotivasi peserta didik selama pembelajaran dan selalu ikut terdorong untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal sehingga peserta didik tidak kreatif dalam membuat solusi sendiri secara informal. Kemudian pada siklus II, kelemahan di siklus I dapat diperbaiki oleh guru. Selain itu, peserta didik tampak aktif dalam setiap pertemuan dan semakin banyak kelompok peserta didik yang mampu menyelesaikan soal dengan panduan LKPD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat dari 13% menjadi 87 %. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa semakin meningkat menjadi 100%. Berdasarkan indikator kinerja, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi kelistrikan kelas IXA SMP-TQ Muadz Bin Jabal dapat ditingkatkan hingga mencapai ketuntasan seratus persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanitha, N. P. A., & Agung, A. A. G. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Materi Otot Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 161-172. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106

Asih, W.W. & Eka, S (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241-249. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Khairunnisa, Y., Rizkiana, F., & Apriani, H. (2019). Pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (lkpd) tematik pada materi fotosintesis terhadap motivasi, kemandirian, dan hasil belajar. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 121-129. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6423

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140

Kunandar. (2018). Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru. Depok: Rajawali Press.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/46

Parwati Nyoman N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem solving polya. Jpi (jurnal pendidikan indonesia), 6(1), 72-81. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183

Puspita, V dan Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis pendekatan invesitgasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380-389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778

Rizki, W., Nurmaliah, C., & Sarong, M. A. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(2), 136-142. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1081

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Cetakan kedua Jakarta: PT Indeks.

Sitopu, P. T., Abdurrahman, A., & Herlina, K. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi pada materi hukum II Newton: Indonesia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 71-76. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3261

Tim Abdi guru. (2017). IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta Erlangga.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Jamila. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Kelistrikan Kelas IX-A SMP-TQ Muadz Bin Jabal. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 152–157. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.25

Issue

Section

Articles