Pengembangan E-modul Berbasis Model CinQASE Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Pengukuran Kelas X SMA

Authors

  • Jumriah Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah M Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhammad Anas Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.27

Keywords:

Pengembangan, e-modul, model CinQASE, flip pdf professional, hasil belajar

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis model CinQASE berbantuan flip pdf professional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi besaran dan pengukuran kelas X SMA bertujuan: 1) menentukan tingkat kevalidan e-modul berbasis model CinQASE dengan aplikasi pdf professional yang telah dikembangkan, 2) menentukan tingkat kepraktisan e-modul berbasis model CinQASE berbantuan pdf professional yang telah dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan 3) menentukan tingkat keefektifan e-modul berbasis model CinQASE dengan aplikasi pdf professional yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan  4D (four-D) yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan  desseminate (penyebarluasan). Instrumen penelitian: lembar validasi, soal pretest-posttest, angket respons guru dan peserta didik. Berdasarkan analisis data diketahui: 1) tingkat kevalidan dari hasil validator yang diperoleh untuk rerata aspek konstruk sebesar 0,897 dan aspek isi 0,898 dengan kategori sangat valid. 2) tingkat kepraktisan e-modul berbasis model CinQASE diketahui dengan nilai respons guru dan peserta didik. Hasil rerata respons peserta didik untuk uji terbatas sebesar 89,87%  dan uji luas sebesar 88,8% dengan kategori sangat baik dan hasil rerata respons guru untuk uji coba terbatas sebesar 4,64 dan uji luas 4,56 sehingga e-modul praktis digunakan. 3) keefektifan e-modul pada uji coba terbatas diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis diterima artinya “ada pengaruh penggunaan e-modul berbasis model CinQASE berbantuan flip pdf professional terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Uepai’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, R., Aloysius C.D., & Fatchur R. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata kuliah Genetika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penilaian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Hunaidah, M., Susantini E., & Wasis. (2018). Improving Collaborative Critical Thinking Skills of Physics Education Students through Implementation of CinQASE Learning Model. Journal of Physics.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality, dalam Jan Van Den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson dan Tjeerd Plo, p (ED), Kluwer Academic Plubisher, London.

Nisa, H. A. (2020). Pengembangan E-Modul Dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Pada Materi Himpunan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik psada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer” untuk siswa kelas x multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Sanjaya,W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Satriawati., H, dkk. (2016). Pengembangan E-modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 6 (3).

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48-56.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145-152.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Jumriah, Hunaidah M, & Anas, M. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model CinQASE Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Besaran dan Pengukuran Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 159–167. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.27

Issue

Section

Articles