Analisis Sikap terhadap Fisika dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 7 Konawe Selatan

Authors

  • Sri Anjelina Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Sahara Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.3

Keywords:

Penelitian, Sikap, Hasil Belajar, Fisika

Abstract

Hasil belajar siswa sangat erat kaitannya dengan sikap yang dimiliki siswa. Sikap merupakan gambaran perasaan suka atau tidaknya seseorang terhadap suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk profil sikap terhadap fisika dan hasil belajar peserta didik dapat mengetahui bagaimana pengaruh antara sikap dengan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 7 Koawe Selatan. Subjek dari penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas X – XII yang terdiri dari kelas X MIA, XI MIA, dan XII MIA dengan sampel berjumlah 169 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kuantitatif jenis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar tes hasil belajar pada materi Hukum Newton, Termodinamika, dan Fenomena Kuantum. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan dilakukan uji prasyarat serta uji hubungan atau pengaruh data dengan bantuan Excel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara sikap yang dimiliki oleh siswa dengan hasil belajar yang diperolehnya. Hubungan ini dapat dilihat pada uji korelasi dimana nilai pada pearson correlation adalah 15,507 <53,14 >20,090 untuk kelas X MIA pengaruh yang diperoleh sangat erat dengan persentase 75%, kelas XI MIA pearson Correlation 9,524<13,267>11,03 memiliki pengaruh yang cukup erat dengan persentasi yang diperoleh 54%, pearson Correlation untuk kelas XII MIA 15,507<93,52>20,090 dengan kriteria pengaruh sangat erat persentase yang diperoleh sebesar 86%. siswa dikatakan memiliki sikap yang sangat baik dengan hasil belajar yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Anjelina, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

La Sahara, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Luh Sukariasih, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34–43.

Azhari, S., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 91.

Dapa, Y. M. B. (2014). Korelasi Antara Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika di Kelas X-A SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Putra, D. S. (2019). A Study Relationship Attitude Toward Physics, Motivation, and Character Discipline Students Senior High School, in Indonesia Darmaji. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 99–109.

Dini, M. R., Maison, & Darmaji. (2020). Sikap Siswa Terhadap Fisika dan Hubungan Dengan Hasil Belajar Fisika di SMAN 6 Kota Jambi. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(April), 26–29. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.

Fakhruddin, Z., Eprina, E., & Syahril, S. (2010). Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas X3 Sma Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 18-22.

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1–12.

Kaur, D., & Zhao, Y. (2017). Development of Physics Attitude Scale (PAS): An Instrument to Measure Students’ Attitudes Toward Physics. Asia-Pacific Education Researcher, 26(5), 291–304.

Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa Sma Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Eduasains, 10(1), 160–167.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 67–76.

Mulyadi, E. (1999). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385–395.

Poerwadarminta, W, J, S. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. balai pustaka.

Putra, D. S., & Hidayusa, W. O. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299–311.

Wulandari, M., & Febriana, N. Y. (2020). Analisis Hubungan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 122–128.

Yudhie, S. (2020). Hubungan Antara Sikap Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Etika Profesi. 03, 52–55.

Yunita, F., Fakhruddin Z, M., & Nor. (2010). Sikap Ilmiah Siswa dalam pembelajaran Fisika dengan penggunaan Media Komputer Melalui Mode Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Barat. Geliga Sins, 4(1), 18–22.

Yuzarion. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan, 2(1), 107–117.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Anjelina, S., Sahara, L., & Sukariasih, L. (2023). Analisis Sikap terhadap Fisika dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 7 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 10–18. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.3