Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Qr Code untuk Menambah Gairah Belajar Siswa SMAN Arjasa Jember

Authors

  • Hildatul Zannah Universitas Jember Indonesia
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember Indonesia
  • Subiki Universitas Jember Indonesia
  • Adinda Rahma.F Universitas Jember Indonesia
  • M. Eko. W Universitas Jember Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.31

Keywords:

LKPD, Qr code, hasil belajar

Abstract

Sering ditemukan di beberapa sekolah berbagai permasalahan mulai dari kurangnya frekuensi saat melakukan eksperimen, menurunnya hasil belajar siswa, pemberian materi yang terkesan monoton. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan LKPD berbasis Qr code berpengaruh dalam menambahkan hasil dan gairah belajar siswa. Penggunaan LKPD agar peserta didik mampu mengembangkan keterampilannya dalam memproses suatu materi sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan deskriptif dengan membandingan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran LKPD yang kemudian dianalisis baik secara deskriptif maupun menggunakan SPSS yakni uji kolmogronav smirnov. Berdasarkan data yang di dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dibanding dengan kelas control dan data yang didapat berdistribusi normal. Sehingga penggunaan LKPD berbasis Qr code berpengaruh terhadap hasil dan gairah belajar siswa SMAN Arjasa Jember.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, T. (2019, December). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Dan Cahaya Di Sma Kabupaten Bone Bolango. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 1, No. 1, pp. 382-387).

Agustina.R.D, S.Andhika, Y.Caesariyanti, R.P. Putra, A.Putri, M.D.S. Dermawan. (2022). P. P. V. L. dalam U. J. P. G. T. pada I. (n.d.).

Agustini, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran QR Code Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(1), 1-10. DOI: 10.26858/jnp.v9i1.20228

Badriana, S., Apriani, H., & Marito, M. (2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis QR-CODE pada Pokok Bahasan Fisika Inti Kelas XII SMA. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 124-132.

Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). Keefektifan model pembelajaran core berbantuan LKPD terhadap kreativitas matematis siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167-174. DOI: 10.29303/jipp.v6i2.184

I Nyoman S, W, Ni Desak M, S, A, Dessy S, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Di SMA Ne, K. A. M. P. T. I. (KARMAPATI) 2-6. (n.d.).

Isnaini, M., Marwoto, P., & Yulianto, A. (2012). Pengembangan LKS Fisika Model Inferensi Logika Berpikir Hypothetical-Deductive Siswa SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(2).

Marhadini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi gerak parabola untuk siswa sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38-43.

Permatasari, B., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2018). Pengembangan LKPD berbasis POE untuk pembelajaran fisika materi momentum dan impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 69-81.

Merdekawati, S., & Lestari, H. P. (2011, July). Developing student worksheet in English based on constructivism using problem solving approach for mathematics learning on the topic of social arithmetics. In International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education (pp. 978-979).

Handayani, S. (2008). Efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan pembelajaran kooperatif (cooperative Learning) tipe Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan respon belajar siswa pada mata perlajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi, S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Subiyantoro, S., & Ismail, I. (2017). Dampak Learning Management System (Lms) Padaperforma Akademik Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 307-314.

Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-52.

Wiyono, W. (2009). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMPN 20 Malang.

Zaraturrahmi, Z., Adlim, A., & Jalil, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada pokok bahasan cermin untukmeningkatkan motivasi dan hasil belajarsiswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Zannah, H., Mahardika, I. K., Subiki, Rahma.F, A., & M. Eko. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Qr Code untuk Menambah Gairah Belajar Siswa SMAN Arjasa Jember. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 185–189. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.31

Issue

Section

Articles