Efektivitas Media Pembelejaran Visual Berbasis Lingkungan di SMA Unggulan BPPT Darussholah

Authors

  • Firda Shahira Universitas Jember Indonesia
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember Indonesia
  • Subiki Universitas Jember Indonesia
  • Putri Wihatma Andianti Universitas Jember Indonesia
  • Adisty Pyrenia Universitas Jember Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.32

Keywords:

physics, learning media, hydrostatic pressure

Abstract

This research was conducted in one of the senior high schools in Jember Regency, namely BPPT Darussholah Superior High School with a total of 21 students in class XI. This research method uses a survey method by filling out questionnaires to determine the interest in learning and the level of understanding of students regarding the learning media that is demonstrated together, namely hydraulic jacks. From the research conducted, it was found that students preferred learning by using media or teaching aids. This also increases students' understanding of the material presented, because students not only receive an explanation of the material but students can also practice directly so that they better understand the material presented. This is known based on the answers to the questionnaire given to students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qurani, N., Sukariasih, L., Husein, H., & Napirah, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi pada Peserta Didik Kelas X. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(1), 1-9. doi: http: //dx.doi.org/10.36709/ jipfi.v7i1.23076

Amri, Ahmad Faisal. (2021). “Penerapan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Indonesia 1(1):29–38.

Aththibby, Arif Rahman. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha Dan Energi.” Jurnal Pendidikan Fisika 3(2). doi: 10.24127/jpf.v3i2.238

Baharun, Hasan. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE.” Cendekia: Journal of Education and Society 14(2):231. doi: 10.21154/cendekia. v14i2.610

Damayanti et.al. (2018). “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android Pada Materi Fluida Statis.” Indonesian Journal of Science and Matematics Education 1(1):63–70.

Damopolii, Vemsi, Nursiya Bito, and Resmawan Resmawan. (2020). “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat.” ALGORITMA: Journal of Mathematics Education 1(2):74–85. doi: 10.15408/ajme.v1i2.14069

Desriana, Dara, Azhar Amsal, and Djamaludin Husita. (2018). “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa Di MAN Indrapuri.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 2(1):50–55. doi: 10.24815/jipi.v2i1.10729

Erviana, Lina. (2015). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP-It Ar Rahmah Pacitan.” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 7(2):71–77.

Hae, Yonathan, Year Rezeki Patricia Tantu, and Widiastuti Widiastuti. (2021). “Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1177–84.

Nurfadhillah, S., A. Andriyanto, C. D. Shadiqa, and ... (2021). “Pengembangan Media Visual Sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1.” … 3(April):177–97.

Parlindungan, Doby Putro, Galang Pakarti Mahardika, and Dita Yulinar. (2020). “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Di SD Islam An-Nuriyah.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1–8.

Prihatin, Joko Yunianto, Heri Kustanto, and Slamet Pambudi. (2018). “Kajian Dongkrak Hidrolik Botol Kapasitas 2 Ton Terhadap Pengaruh Variasi Posisi Pemasangan Manometer, Sae Oli Dan Jarak Langkah Pemompaan.” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 9(1):547–50. doi: 10.24176/simet.v9i1.2024

Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. (2019). “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4(1):49. doi: 10.17509/jpm.v4i1.14954

Rohani. (2019). “Diktat Media Pembelajaran.” Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara 1–95.

Rosidah, Ani. (2016). “Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips.” Jurnal Cakrawala Pendas 2(2). doi: 10.31949/jcp.v2i2.499

Sholihah. (2019). “Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.” (172071200049).

Supardi, Supardi U. S., Leonard Leonard, Huri Suhendri, and Rismurdiyati Rismurdiyati. (2015). “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(1):71–81. doi: 10.30998/formatif.v2i1.86

Zulfa, Salsabila Indana, Ainun Nikmah, and Elin Khoirun Nisak. (2020). “Analisa Penguasaan Konsep Pada Tekanan Hidrostatis Dan Hukum Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika.” Jurnal Fisika Indonesia 24(1):24. doi: 10.22146/jfi.v24i1.51870

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Shahira, F., Mahardika, I. K., Subiki, Andianti, P. W., & Pyrenia, A. (2022). Efektivitas Media Pembelejaran Visual Berbasis Lingkungan di SMA Unggulan BPPT Darussholah. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 190–197. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3.32

Issue

Section

Articles