Efektivitas Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMK Pancasakti Makassar
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.35Keywords:
Efektivitas, hasil belajar fisika, inkuiriAbstract
Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan inkuiri pada hasil belajar fisika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasakti, semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni tes hasil belajar koognitif siswa dan lembar observasi kekatifan dan sikap belajar siswa untuk aspek psikomotorik dan afektif. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 78,4, pada aspek psikomotorik diperoleh skor rata-rata sebesar 79.46, dan untuk aspek afektif diperoleh skor rata-rata sebesar 12,71. Dari hasil analisis inferensial untuk aspek kognitif diperoleh Zhitung = 1,46 < Ztabel = 1,64, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa untuk aspek kognitif hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi atau persentase siswa yang mencapai KKM > 75%.
Downloads
References
Hunaidah, M., Sukariasih, L., & Saputra, I. G. P. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102
Saputra, I. G. P. E., Saputra, I. G. P. E., Sejati, A. E., & Nurazmi, N. (2021). Development of Virtual Laboratory System Using EWB and Zoom Cloud in Dynamic Electricity Practicum as a Learning Solution in the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 262–272. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i3.6066
Saputra, I. G. P. E., Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., Nursalam, L. O., & Desa, S. S. (2022). The Effect of Scientific Literacy Approach with Discovery Learning Model toward Physics Concepts Understanding. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 144–153. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i2.7769
Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317
Sudjana. 2015. Metode Statistika Edisi 6. Bandung : Transito
Sukariasih, L., Gede, I., Saputra, P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF KNOWLEDGE AND INQUIRY SKILL DOMAIN OF THIRD GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 14 KENDARI USING GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ASSISTED BY SCIENCE KIT. Luh Sukariasih et Al/ GEOSI, 4(2), 175–187. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097
Sukariasih, L., Purwana, I. G., Nursalam, L. O., Sahara, L., & Reskiawan, B. (2019). Improving the Skill of Physics Science Process through Guide Discovery Method in Students at Senior High School. 341–344. https://doi.org/10.2991/icamr-18.2019.84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Harnipa, I Gede Purwana Edi Saputra, Nurhikmah Hasan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.