Pengembangan Soal Fisika Dasar Berbasis Kemampuan Literasi Matematis untuk Mahasiswa Sistem Komputer

Authors

  • Wahyu Dwi Puspitasari Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar, Indonesia
  • Filda Febrinita Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Balitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.36

Keywords:

Soal fisika dasar, kemampuan literasi matematis, metode pengembangan Plomp

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa system computer mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita pada matakuliah fisika. Berdasarkan hal tersebut, perlu untuk diketahui bagaimana kemampuan literasi matematis mahasiswa. Sehingga, dikembangkanlah soal fisika dasar berbasis kemampuan literasi matematis yang dapat digunakan untuk menganalisis kamampuan literasi matematisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan model Plom dengan menggunakan 4 tahap yaitu; 1) investigasi awal, desain atau perancangan; 3) realisasi atau konstruksi; dan 4) tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket. Angket digunakanuntuk mengambil data uji validasi ahli oleh 3 orang ahli. Hasil dari penelitian adalah 1 literasi dan 6 soal kemampuan literasi matematis. Keseluruhan dari soal yang dikembangkan berdasarkan uji validasi adalah literasi dan 5 soal adalah valid dengan sedikit revisi. Satu soal adalah sangat valid tidak perlu revisi. Untuk.literasi dan 5 soal telah dilakukan revisi sesuai dengan saran validator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, A., & Sari, D. J. (2021). Pengembangan Soal Aritmetika Sosial Berbasis Literasi Matematis Siswa SMP Adi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2950–2961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.982

Fahmy, A. F. R., Wardono, & Masrukan. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Rme Berbantuan Geogebra. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(22), 559–567. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20198

Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah. (2022). Pengembangan Soal Literasi Matematika Terintegrasi Islam Untuk Siswa Madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355–1371. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4830

Jumarniati, Pasandaran, R. F., & Riady, A. (2016). Kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan masalah turunan fungsi trigonometri. Pedagogy, 1(2), 66–75. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v1i2.357

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa Program for International Student. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615

Karmila. (2018). Deskripsi kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari gender. Pedagogy, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.956

Kaunang, D. F., Mantiri, J., & Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa Smp. Jurnal Frontiers, 1(2), 223–230. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/agustus201801.11

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19574/9499

OECD. (2017). PISA PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: an Introduction. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007 SLO, 9–35.

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2019). Level kemampuan kognitif mahasiswa program studi sistem komputer pada materi hukum Newton berdasarkan Taxonomy Bloom. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i1.1026

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 197–208. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41927

Putra, Y. Y., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA konten bilangan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14–26. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.175

Samosir, E., Makmuri, & Aziz, T. A. (2022). Kemampuan Literasi Matematika : Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026

Satiti, W. S., Iftidaiyah, & Khotimah, K. (2021). Soal Matematika Model PISA Konten Change and Relationships untuk Menunjang Literasi Matematis Peserta Didik. EPiC, 3(4), 425–432.

Saukiyah, S., Sunardi, & Dinawati, T. (2017). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Budaya Etnik Madura untuk Siswa SMP/MTs. KadikmA, 8(2), 166–175. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v8i2.6826

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students ’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001

Wayan, K. (2012). Statistik Pendidikan, Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wijaya, A. (2016). Students’ Information Literacy: A Perspective from Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(2), 73–82. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3532.73-82

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2022). Pengembangan Soal Fisika Dasar Berbasis Kemampuan Literasi Matematis untuk Mahasiswa Sistem Komputer. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(4), 217–225. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.36