Pengembangan LKPD Materi Teori Kinetik Gas Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.38Keywords:
Pengembangan LKPD, model discovery learning, aplikasi PhET, keterampilan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui model discovery learning Berbantuan Aplikasi PhET pada materi teori kinetik gas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE dengan rincian analisis (analysis), desain/perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). LKPD yang dikembangkan di uji cobakan di SMA Negeri 2 Lakudo pada kelas XI MIA2. Instrumen penelitian dari lembar validasi, angket dan tes tertulis. Data kevalidan LKPD dilihat dari lembar validasi oleh tiga orang validator ahli. Data kepraktisan LKPD dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Data keefektifan LKPD dilihat dari peningkatan peningkatan prestasi peserta didik dengan instrument tes tertulis berupa pretest dan posttest. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh bahwa kelayakan LKPD oleh 3 validator diperoleh indeks kesepakatan akhir 0,898413 yang berarti dalam kriteria “sangat tinggi”,”.Kepraktisan LKPD dilihat dari respon guru dan peserta didik, dari guru dikategorikan“sangat praktis” 94,73% dan dari peserta didik 97,84% dikategorikan“sangat praktis. Keefektifan dilihat dari hasil tes ketercapaian kompetensi, hasil tes peserta didik telah mencapai KKM (70).
Downloads
References
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jurnal Phi, 1(3), 13-19. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1-6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal logic, 18(2). https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378
Hariadi, N., Rasmiwetti, R., & Haryati, S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbentuk Majalah Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 434-437. doi: 10.29303/jpm. v15i5.1605
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141. http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.12900
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 42(5), 34-37. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508
Ngadinem, N. (2019). Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850
Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27959
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas ii di sd muhammadiyah danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Perdana, A., Siswoyo, S., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Discovery Learning Berbantuan Phet Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4908
Nua, M. T. P., Wahdah, N., & Mahfud, M. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) K-13 berbasis discovery learning siswa SMA kelas X pada materi analisis vektor. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95-104. https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7090
Salmon, A. et al. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah. Universitas Patimura Ambon.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelejaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Wulandari, Y. I., & Totalia, S. A. (2016). Implementasi model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmad Rizal, Luh Sukariasih, Husein
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.