Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pasarwajo Pada Materi Hukum Gerak Newton
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.39Keywords:
Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
Pelitian ini bertujuan: 1) untuk menentukan gambaran aktivitas siswa dan aktivitas guru, 2) perbedaan antara nilai rata-rata pree-test kelas eksperimen dengan pree-test kelas kontrol, 3) nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata post-test kelas kontrol, 4) nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata N-gain kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Pasarwajo. Sampel yang terpilih adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berjumlah 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu (quasi experimental). Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi (untuk melihat aktivitas selama proses pembelajaran) dan teknik tes (untuk menentukan hasil belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) untuk data aktivitas guru dan siswa untuk setiap pertemuan mengalami peningkatan yaitu dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3, 2) tidak ada perbedaan hasil belajar pree-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 50.13 dan 50.8, 3) ada perbedaan signifikan hasil belajar post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 85.6 dan 69.2, 4) nilai rata-rata gain kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dari pada nilai rata-rata N-gain kelas kontrol dimana nilai rata-rata keduanya yaitu 0.366 dan 0.371. Hasil uji hipotesis pree-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung -0.345 < ttabel 2.011 artinya H0 diterima tidak ada perbedaan nilai rata-rata kedua kelas tersebut. Hasil uji hipotesis post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung 9.84 > ttabel 2.01 artinya H1 diterima ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kedua kelas tersebut. Hasil Uji N-gain siswa kelas eksperimen lebih baik secara signifikan dibanding kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,00. Dengan taraf signifikan = 0.05 atau taraf kepercayaan 95%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineaka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka cipta.
Arista, H & Rahma, A. A (2020) Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) dengan Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ-A di SMK Minhajut Thullab Muncar. Pedagogy. 2(2), 96.
Indriadi, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Persiapan Mengajar Ropes Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu (Ekonomi) Di SMP NegerI 2 Indralaya Selatan. Jurnal Neraca : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 156-167.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics : A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268.
Nasution, M. D., & Nasution, D. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTS Hifzhil Qur’an Medan. Education Journal of Indonesia, 1(1).
Setiowati, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) terhadap keterampilan proses sains siswa pada konsep fluida statis (Bachelor's thesis, Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Siahaan & Amiruddin. (2018). Kepemimpinan Pendidikan. Medan : CV Widya Puspita.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung : Tarsito.
Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung : Trasito.
Sugiyono. (2016). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Avabeta, cv.
Un, V. M., Hudha, M. N., & Pranata, K. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Fisika. Diffraction, 2(1), 38-43.
Wahyuni, E. E. (2015). Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai Media Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rosmaindi, Erniwati, La Tahang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.