Pengaruh Musim Hujan di Desember 2022 terhadap Motivasi Belajar Fisika Dasar Mahasiswa Teknik
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i4.41Keywords:
Musim hujan desember 2022, motivasi belajar, fisika dasar, mahasiswa teknikAbstract
Musim hujan di Desember 2022 dengan identitas curah hujan yang deras dan frekuensi yang banyak. Hal ini berdampak pada terhambatnya mobilitas mahasiswa teknik untuk pergi dan pulang kuliah. Udaranya yang dingin menjadikan mahasiswa teknik mengantuk dan seringnya kena hujan menjadikan kondisi kurang fit. Hal inilah yang membuat semangat bekajar mahaiswa teknik di kelas fisika dasar menurun. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Dari hasil analisis diketahui bahwa Freghitung= 4,282 dan Freg-tabel = 4,130 (Freg-hitung > Freg-tabel), diambil sampel 36 mahasiswa teknik di kelas fisika dasar sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat sangat besar pengaruhnya terhadap penurunan semangat belajar selama musim hujan desember 2022 bagi mahasiswa teknik Universitas Medan Area.
Downloads
References
Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Siswa Kelas Vi Sd Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 174-180. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4585
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64. http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694
Danang, S. (2022) Curah Hujan Tinggi Desember 2022. Kompas: Jakarta.
Dayana, Marbun, (2018). Motivasi Kehidupan. Jakarta: Guepedia.
Dwikorita, K. (2022). Informasi BMKG Curah Hujan Indonesia. TribunNews: Jakarta.
Hidayat, T., & Sari, I. N. (2019). Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 2(2), 36-39. https://doi.org/ 10.31571/jpsa.v2i2.1123
Huang, (2022). Penurunan suhu udara peyebab Flu. HalloDokter.
Khoiri, N., & Hindarto, N. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis life skill untuk meningkatkan minat kewirausahaan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1077
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049
Pristanti, A. I., Hatibe, A., & Saehana, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Fisika Siswa SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5(3), 37-40. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ EPFT /article/view/8870
Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v1i2.1946
Siswanto, S., Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2014). Penerapan model pembelajaran pembangkit argumen menggunakan metode saintifik untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berargumentasi siswa. Indonesian Journal of Physics Education, 10(2), 104-116. http://dx.doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3347
Sudjana, N. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indri Dayana, Mega Puspita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.