Pengaruh Metode Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pengukuran di SMAN 5 Jember

Authors

  • Ahmad Nor Hamidy Universitas Jember Indonesia
  • Sudarti Universitas Jember Indonesia
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember Indonesia
  • Leizy Free Agustin F SMA Negeri 5 Jember, Jl. Semangka No 4, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.44

Keywords:

Berpikir kritis, inferensi, interpretasi

Abstract

Pada abad ke-21 keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh siswa. Keterampilan berpikir kritis memiliki beberapa indikator, antara lain: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, kemampuan menjelaskan dan pengaturan diri. Dalam penelitian ini indikator yang diukur adalah indikator interpretasi dan inferensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode praktikum terhadap keterampilan interpretasi dan inferensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Soal post test yang digunakan adalah 6 soal Ujian Nasional yang diberikan pada akhir pembelajaran. Lokasi penelitian adalah di SMAN 5 Jember dengan sampel penelitian dari kelas X1 dan X4 yang dipilih berdasarkan selisih nilai rata-rata Ujian Tengah Semester terkecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode praktikum berpengaruh terhadap keterampilan interpretasi dan inferensi siswa diketahui berdasarkan uji non parametrik Mann-Whitney U dan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode praktikum terhadap keterampilan berpikir kritis baik dilihat dari indikator interpretasi maupun inferensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Analysis, E. P. (2015). The Effect of Modeling Based Science Education on Critical Thinking 1 Kaan BATI * & Fitnat KAPTAN ** Hacettepe University, Turkey.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Astutik, S., Mahardika, I. K., Supeno, Indrawati, Sudarti, & Zakaria, A. F. (2020). Development of meaningful investigation laboratory (mil) learning model to improve critical thinking skills in physics earning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012112

Bahtiar., Maimun., & Baiq. L. A W. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum Ipa Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134-142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Pkok Bahasan Persamaan Kudrat ( Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Istiqomah, N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2015). Analisis Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Menggunakan Lks Berbasis Poe ( Predict , Observe , Explain ) Berbantu Phet Simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 248–256.

Jahro, I. S., & Susilawati. (2019). Analisis Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Ilmu Kimia di SMA. In Jurnal pendidikan matematika dan sains (pp. 20–26).

KORUKLUOĞLU, P., ÇELİKÖZ, M., & GÜROL, M. (2022). Investigating the Effectiveness of Web 2.0-Based Critical Thinking Curriculum Developed for Secondary School Students: A Mixed-Methods Study. Journal of Learning and Teaching in Digital Age, 7(2), 175–191. https://doi.org/10.53850/joltida.1033373

Kurniawati, L. Reza, O. A., & Muhammad, A. M. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa, 4(2), 62-73. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v4i2.30

Lestari, S., Mursali, S., & Royani, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir kritis Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1), 67-79. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Munawaroh, H., Sudiyanto, S., & Riyadi, R. (2018). Teachers’ Perceptions of Innovative Learning Model toward Critical Thinking Ability. International Journal of Educational Methodology, 4(3), 153–160. https://doi.org/10.12973/ijem.4.3.153

Nyeneng, I. D. P., Suyanto, E., Andra, D., & Elokanita, H. N. (2022). Measuring Critical Thinking Skills with Online Instrument in Circular Motion Concept. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 13. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i1.11185

Redhana, I. W., & Liliasari. (2008). Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis Pada Topik Laju Reaksi Untuk Siswa Sma. Jurnal Forum Kependidikan. 27(2): 103-112.

Riva, S., Darvina, Y., & Marsil. (2015). Pengaruh Penerapan Ajar Berbasis Karakter Melalui Model Pembelajaran Poe Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 5(1): 113-120.

Royani, I., Baiq, M., & Husnul, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Salirawati, D. (2010). Praktikum Kimia Sederhana Berbasis Lingkungan. FMIPA: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, D., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2022). Analysis The Effect of Problem Based Approaches and Media Experiment on Learning Interest and Critical Thinking Using Structural Equation Modeling. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i1.10141

Sujanem, R., Suwindra, I. N. P., & Tika, I. K. T. (2009). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2), 97–104. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1743

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Thersia, V., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 19. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5638

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Hamidy, A. N., Sudarti, Nuraini, L., & Agustin F, L. F. (2023). Pengaruh Metode Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pengukuran di SMAN 5 Jember . Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 186–195. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.44

Issue

Section

Articles