Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.45Keywords:
Problem Based Learning, Teaching at the Right Level, Keterampilan BerkomunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning menggunakan strategi Teaching at the Right Level. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian yang digunakan 2 kelas X sebanyak 71 peserta didik di SMA Negeri 7 Semarang. Di awal proses pembelajaran guru mengelompokkan peserta didik terlebih dahulu sesuai tingkat kemampuannya, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah guru melakukan pendampingan pada peserta didik selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu diskusi dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berkomunikasi setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi Teaching at the Right Level. Hasil tersebut dibuktikan dengan persentase yang diperoleh peserta didik pada pembelajaran di Siklus I masuk dalam kategori baik (<80%), sedangkan persentase yang diperoleh di Siklus II masuk dalam kategori sangat baik (>80%).
Downloads
References
Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Al, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879
Amiasih, T., Santosa, S., & Dwiastuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Bertanya dan Keaktifan Berkomunikasi Peserta Didik melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. BIOEDUKASI, 10(2), 7-11. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.11446
Fatimah & Sari, R.D.K. (2018). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. PENA LITERASI: Jurnal PBSI, 1(2), 108-113. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Khoeron, I.R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291-297.
Martoredjo, N.T. (2014). Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif Dalam Komunikasi Interpersonal. HUMANIORA, 5(1), 501-509. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3067
Ningrum, M.C., Juwono, H., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.94-99
Oktaviani, R., Kholil, M.I., & Susilo, A.T. (2020). Hambatan Keterbukaan Diri dengan Teman Sebaya: Studi Kasus Dua Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 4(2), 91-106. https://doi.org/10.20961/jpk.v4i2.46748
Putri, A.J., Arsil, & Kurniawan, A.R. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi pada Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 154-161. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3438
Rahmah, A. (2021). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Kelas VII-C SMP Negeri 15 Gresik dan Solusinya. Bapala, 8(6), 17-24.
Rahmanto, J.P., Ptrikha, F.D., Wulandari, S.S., Harti, Sudarwanto, T. (2021). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 130-136. https://doi.org/10.36706/jp.v8i2.14454
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siahaan, S. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran: Sebuah Kajian. Jurnal Teknodik, 18(3): 273-283. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.133
Simanjuntak. M.F & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108-118. https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331
Suwardi,Wibowo, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Tanjung, Z & Amelia, S.H. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2): 1-4. https://doi.org/10.29210/3003205000
Umairoh, M.A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2): 140-150. https://dx.doi.org/10.31258/jta.v4i2.140-150
Widianti, T., Kusdaryani, W., & Lestari, F.W. (2022). Hubungan Kesulitan Belajar dengan Gaya Belajar Selama Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 305-317. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3470
Wuryaningtyas, C.J. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Komunikatif-Integratif. Jurnal Penelitian, 19(1), 102-108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anisa Furtakhul Janah, Dwi Yulianti, Hadi Purnomo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.