Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Model Pembelajaran CinQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Prestasi belajar Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi SMA Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.5Keywords:
Pengembangan, LKPD, Model Pembelajaran CinQASE, keterampilan berpiki kritis, prestasi belajarAbstract
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengasilkan LKPD Model Pembelajaran CinQASE pada materi usaha dan energi untuk merungkatkan keterampilan herpiku kntis dan prestasi belajar peserta didik kelas X yang memenuhi kritena valid, efektif dan praktis Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan metode 4 D dengan tahap yaitu pendefinisan (define), perancangan (design), pengembangan ( development), dan penyeban (dessiminate) LKPD yang telah dikembangkan di uji coba di SMA Negen 1 Bondola pada kelas X Instrumen penelitian dan lembar validasi, angket dan tes tertulis data keefektifan LKPD dilihat dan penilaian instrument respon pengamat, respon guru dan respon peserta didik Data keefektifan LKPD di lihat dari peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan instrumen tes tertulis berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD dinyatakan layak dan aspek kontruk diperoleh n - againya 0,823 dan aspek konten isi diperoleh n-againya 0,841 dengan kategon Sangat Valid dan keefektifan dan hasil peningkatan berpikir kritis uji terbatas dan uji luas pada pretest sebesar 47,5 dan 44,7 dengan kategori Tidak Tuntas dan pada posttest untuk coba terbatas dan uji coba luas sebesar 79,5 dan 80,3 dengan kategori Tuntas Pada prestasi belajar peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas pada pretest 53.75 dan 50,7 temaksud dalam kategori Tidak Tuntas dan pada postest untuk uji coba terbatas dan uji coba luas 79,46 dan 80 dalam kategori Tuntas Nilai kepraktisan dan keterlaksanaan dengan kategon baik.
Downloads
References
Astuti, (2009). Studi Komparasi Penggunaan Metode STAD dilengkapi Modul dengan LKS terhadap Hasil Belajar, Yogyakarta.
Bohlander, K, (2010). Enhancing critical thinking through service-learning as a consultative process. In Developments in Business Simulation and Experiential Learning: Proceedings of the Annual ABSEL conference (Vol. 37).
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis STEAM untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310-318.
Hake, R.R, (1999). Analizing Change/Gain Score. http://Physics.indiana.edu/ sdi/analizingChange-Gain.pdf.
Hunaidah, Susantini, E., Wasis, Prahani, B. K., & Mahdiannur, M. A, (2018, November). Improving collaborative critical thinking skills of physics education students through implementation of CinQASE learning model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108, No. 1, p. 012101). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012101
Prastowo, T, (2011). Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(1), 8-13. https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n1.p8-13
Retnawati, H, (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama publishing.
Salehudin, M, (2020). Dampak Covid-19: Guru mengadopsi media sosial sebagai e-learning pada pembelajaran jarak jauh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1-14.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M, (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10-18. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sugiyono, (2015). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono, (2017). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I, (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute?Secial Education, University of Minnesota. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.
Trianto, (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wahidah, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H, (2018). Pengembangan lembar kerja Peserta didik dengan model pembelajaran koperatif tipe kreatif-produktif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 21 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 79-90.
Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S, (2017). Problem based learning berbasis socio-scientific issue untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129-138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuli Yanti, Muhammad Anas, La Ode Safiuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.