Pemanfaatan Video Digital Pada Materi Optik Sebagai Solusi Keterbatasan Waktu Perkuliahan di Kelas

Authors

  • Yunita Citra Dewi Politeknik Negeri Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.51

Keywords:

video digital, optik, keterbatasan waktu perkuliahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan video digital pada penyampaian materi optik fisis terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah konvensional di kelas. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan  kuantitatif menggunakan pretest-posttest control group design. Kelas eksperimen diberikan video digital yang berisi pemaparan materi Optik Fisis sedangkan pada kelas control pemaparan materi dilakukan oleh Dosen secara langsung di kelas selama 2 jam perkuliahan. Berdasarkan uji homogenitas, signifikansi Based on mean bernilai lebih besar dari 0.05. Maka dapat disimpulkan kedua kelas homogen. Sedangkan nilai rata-rata uji N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut bernilai 0.58 dan 0.54 sehingga level pembelajaran kedua kelas berada pada kategori “sedang”. Oleh karena kedua kelas memiliki kategori uji Gain pada level yang sama maka dapat disimpulkan bahwa video digital memang dapat dijadikan solusi dalam permasalahan keterbatasan waktu perkuliahan di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403

Alicea, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantu Prezi Dan Geogebra Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di SMP. AKSIOMA. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1417

Andi, H. J., & ROMLAH, S. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Eduscience, 8(2), 1-5. https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2226

Carmichael, M., Reid, A.-K., & Karpicke, J. D. (2018). Assessing the Impact of Educational Video on Student Engagement, Critical Thinking and Learning:The Current State of Play. SAGE Publishing.

Devi, B. S., & Subali, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(2), 155-165. https://doi.org/10.15294/upej.v10i2.54199

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji effect size model pembelajaran scramble dengan media video terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 265-275. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i2.126

Dwi, H. K., W, S., & H, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Facebook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online di Smk Negeri 3 Surakarta. Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, (pp. 1-10). Surakarta.

Fechera, B., Somantri, M., & Hamik, D. L. (2017). Desain dan Implementasi Media Video Prinsip-Prinsip Alat Ukur Listrik dan Elektronika. Innovation of Vocational Technology Education. https://doi.org/10.17509/invotec.v8i2.6125

Giannakos, M. N., Chorianopoulos, K., Ronchetti, M., Szegedi, P., & Teasley, S. (2014). Video-Based Learning and Open Online Courses. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 9 (1), 4-7.

Giannakos, M. N., Sampson, D. G., & Kidziński, Ł. (2016). Introduction to smart learning analytics: foundations and developments in video-based learning. Smart Learning Environments, 3(1), 1-9.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225-240.

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis pengaruh media pembelajaran berbasis video pada pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81-89. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Halmuniati, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 6(4), 332-340. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 119–127. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.358

Hamida, S., & Desnita, D. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Materi Suhu dan Kalor Untuk Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 42-49. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/38113

Handziko , R. C., & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 212 – 224. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7508

Haryadi, J., Dwi, D. F., & Sabdana, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Journal on Education, 5(4), 12674-12679. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2255

Nasution, S. W. R., & Harahap, M. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Digital Mata Kuliah Fisika Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 1-1. https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.2032

Noviyanto, T., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS Vol 7 No 1, 57-63.

Nuzuliana, A. H., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Pangga, D., Ahzan, S., & Pratama, L. (2020). Efektifitas Penerapan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 155-158. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1510

Rahmayani. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 3, No 2.

Sandepi, A. L., Ngadimin, N., & Mahzum, E. (2021). Pembuatan video pembelajaran melalui integrasi camtasia dalam power point untuk meningkatkan hasil belajar fisika secara daring di sma negeri 3 simeulue tengah. Jurnal Serambi Akademica, 9(7), 1114-1119. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i7.3284

Sasmita, F. D., Purwaningsih, E., & Amelia, R. (2022). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 411-420.

Tipler, P.A & Mosca, G. (2004). Physics For Scientists and Engineers. (5th Edition). New York : W.H. Freernan and Company.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Citra Dewi, Y. (2023). Pemanfaatan Video Digital Pada Materi Optik Sebagai Solusi Keterbatasan Waktu Perkuliahan di Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 165–170. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.51

Issue

Section

Articles