Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas XI SMA

Authors

  • Ketty Ratih Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Luh Sukariasih Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Sahara Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.52

Keywords:

Pengembangan LKPD, Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi pokok fluida statis yang digunakan dalam penelitian meningkatkan keterampilan proses sains dan meningkatkan pembelajaran yang efektif. Subjek dalam penelitian ini  adalah 26 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D (research and development) dengan desain 4-D yang terdiri dari empat tahap, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, kuisoner, dan tes tertulis. Data kevalidan LKPD dilihat dari instrument lembar validan oleh tiga orang validator ahli. Data kepraktisan dilihat dari instrumen kuisioner lembar keterlaksanaan LKPD, respon peserta didik dan respon guru. Data keefektifan LKPD dapat dilihat dari peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik dengan instrument tes tertulis yakni pretest dan postest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan layak dari segi nilai validasi 0,87 dengan katagori sangat valid nilai keefektifan dari lembar keterlaksanaan pada uji coba terbatas diperoleh nilai rata-rata 2,93 yang termasuk katagori rendah. Respon peserta didik uji terbatas diperoleh presentase akhir nilai rata-rata 3,63 dengan katagori tinggi.

References

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantamida Journal. Vol. 5. No 2.

Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 42–57.

Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta : FMIPA UNY.

Retnawati, H. (2016), Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian, Parama Publishing, Yogyakarta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Secial Education, University of Minnesota.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Stategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.

Supriyanto. (2012). Pengaruh Penerapan Stategi Metakognitif Dalam Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang. Unnes Journal Of Biology Education. 1. (3)(2012) 266-271.

Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Ratih, K., Sukariasih, L., & Sahara, L. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Fluida Statis Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 75–82. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.52