Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis

Authors

  • I Gede Purwana Edi Saputra Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.55

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Stimulasi, Berpikir Kreatif, Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara kuantitatif efektivitas dari implementasi pembelajaran berbasis masalah untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika, khususnya pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Watubangga dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan instrument test keterampilan berpikir kreatif sebelum dan sesudah perlakuan dalam penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata persentase (%) kemampuan berpikir kreatif siswa yakni pada pretest sebesar 57,52% berada pada kategori “Cukup Kreatif” dan postest sebesar 70,91%. berada pada kategori “Kreatif. Kondisi ini menjelaskan jika pembelajaran berbasis masalah masalah efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya pada materi fluida statis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almuharomah, F. A., & Mayasari, D. T. (2018). Profil kemampuan berpikir kreatif fisika siswa SMP. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 0(0), 495–499. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/303

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Amidi, A., & Zahid, M. Z. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586–594. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21559

Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran Fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/JPIPFIP.V10I2.17906

Azmin, N., H Hartati, & F Fahruddin. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Ejournal.Mandalanursa.Org, 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2574

Eragamreddy, N. (2013). Teaching creative thinking skills. International Journal of English Language, 1(2). Retrieved from https://www.academia.edu/download/31884760/Teaching_Creative_Thinking_Skills-Full_Paper.pdf

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/IJOEE.V1I1.2567

Ishlahul, I., Dwi, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. Retrieved from https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/306

Ismail, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bunyi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 276–287. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6466586

Kim, K. (2011). The creativity crisis: The decrease in creative thinking scores on the Torrance Tests of Creative Thinking. Creativity Research Journal, Taylor & Francis, 23(4), 285–295. https://doi.org/10.1080/10400419.2011.627805

Lestari, T., Sarwi, S. (2018). STEM-based Project Based Learning model to increase science process and creative thinking skills of 5th grade. Journal.Unnes.Ac.Id, 7(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/21382

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. Journal.unnes.ac.id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686

Maysyaroh, S. (2019). Kajian pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika. Journal.Ummat.Ac.Id, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3033

Ningrum, E. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/GEA.V9I1.1681.G1133

Purwasih, R., & Ambarita, A. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/13010/9304

Rahayu, E., Susanto, H. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal.Unnes.Ac.Id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1081

Risqi Maharani, H., & Waluya, B. (2017). Creative Thinking Process based on Wallas Model in Solving Mathematics Problem. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 1(2), 177–184. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i2.5783

Rohim, F., Susanto, H. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I1.775

Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V6I3.990

Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent Thinking as an Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal, 24(1), 66–75. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929

Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.30743/MES.V5I1.1934

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RVvjoDgAAAAJ&citation_for_view=RVvjoDgAAAAJ:4DMP91E08xMC

Sofyan, M. A., Wasis, & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment Untuk Melatihkan Kreativitas Siswa Smk Jurusan Otomotif Pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1431–1440. https://doi.org/10.26740/JPPS.V7N1.P1431-1440

Sohibi, M., & Siswanto, J. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Universitas PGRI Semarang. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234022028.pdf

Sriatun, S., Ellianawati, E., Hardyanto, W., & Milah, I. L. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash. Physics Communication, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.15294/PHYSCOMM.V2I1.12157

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Retrieved from https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Sukariasih, L., Sahara, L., Reskiawan, B., & Nursalam, L. O. (2019). Improving the Skill of Physics Science Process through Guide Discovery Method in Students at Senior High School.

Utomo, T., Wahyuni, D., Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smpn 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.19184/JUKASI.V1I1.1025

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Saputra, I. G. P. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 178–185. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.55

Issue

Section

Articles