Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.55Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Stimulasi, Berpikir Kreatif, Fluida StatisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara kuantitatif efektivitas dari implementasi pembelajaran berbasis masalah untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika, khususnya pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Watubangga dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif menggunakan instrument test keterampilan berpikir kreatif sebelum dan sesudah perlakuan dalam penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata persentase (%) kemampuan berpikir kreatif siswa yakni pada pretest sebesar 57,52% berada pada kategori “Cukup Kreatif” dan postest sebesar 70,91%. berada pada kategori “Kreatif. Kondisi ini menjelaskan jika pembelajaran berbasis masalah masalah efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya pada materi fluida statis.
Downloads
References
Almuharomah, F. A., & Mayasari, D. T. (2018). Profil kemampuan berpikir kreatif fisika siswa SMP. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 0(0), 495–499. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/303
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630
Amidi, A., & Zahid, M. Z. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 586–594. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21559
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., Susanti, A., & Rumiana, S. (2017). Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran Fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/JPIPFIP.V10I2.17906
Azmin, N., H Hartati, & F Fahruddin. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Ejournal.Mandalanursa.Org, 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2574
Eragamreddy, N. (2013). Teaching creative thinking skills. International Journal of English Language, 1(2). Retrieved from https://www.academia.edu/download/31884760/Teaching_Creative_Thinking_Skills-Full_Paper.pdf
Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/IJOEE.V1I1.2567
Ishlahul, I., Dwi, H. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56. Retrieved from https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/306
Ismail, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bunyi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 276–287. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6466586
Kim, K. (2011). The creativity crisis: The decrease in creative thinking scores on the Torrance Tests of Creative Thinking. Creativity Research Journal, Taylor & Francis, 23(4), 285–295. https://doi.org/10.1080/10400419.2011.627805
Lestari, T., Sarwi, S. (2018). STEM-based Project Based Learning model to increase science process and creative thinking skills of 5th grade. Journal.Unnes.Ac.Id, 7(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/21382
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. Journal.unnes.ac.id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Maysyaroh, S. (2019). Kajian pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran fisika. Journal.Ummat.Ac.Id, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3033
Ningrum, E. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/GEA.V9I1.1681.G1133
Purwasih, R., & Ambarita, A. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik. Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/13010/9304
Rahayu, E., Susanto, H. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal.Unnes.Ac.Id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1081
Risqi Maharani, H., & Waluya, B. (2017). Creative Thinking Process based on Wallas Model in Solving Mathematics Problem. International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME), 1(2), 177–184. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i2.5783
Rohim, F., Susanto, H. (2012). Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I1.775
Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V6I3.990
Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent Thinking as an Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal, 24(1), 66–75. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929
Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.30743/MES.V5I1.1934
Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RVvjoDgAAAAJ&citation_for_view=RVvjoDgAAAAJ:4DMP91E08xMC
Sofyan, M. A., Wasis, & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment Untuk Melatihkan Kreativitas Siswa Smk Jurusan Otomotif Pada Materi Fluida Statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1431–1440. https://doi.org/10.26740/JPPS.V7N1.P1431-1440
Sohibi, M., & Siswanto, J. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Universitas PGRI Semarang. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234022028.pdf
Sriatun, S., Ellianawati, E., Hardyanto, W., & Milah, I. L. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash. Physics Communication, 2(1), 70–75. https://doi.org/10.15294/PHYSCOMM.V2I1.12157
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Retrieved from https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Sukariasih, L., Sahara, L., Reskiawan, B., & Nursalam, L. O. (2019). Improving the Skill of Physics Science Process through Guide Discovery Method in Students at Senior High School.
Utomo, T., Wahyuni, D., Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas Viii Semester Gasal Smpn 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.19184/JUKASI.V1I1.1025
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gede Purwana Edi Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.