Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu

Authors

  • Rini Sri Wahyuni Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Hunaidah M Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.58

Keywords:

Model Pembelajaran CinQASE, Media Canva, Hasil Belajar, Fluida Statis

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CinQASE berbantuan canva dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kulisusu. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu soal hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah menerapkan model pembelajaran CinQASE berbantuan canva lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata kelas kontrol, yakni 77,48 untuk nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan 65,09 untuk nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol. 2) nilai rata-rata N-Gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol yakni 0,61 dengan kategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,50 dengan kategori sedang untuk kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran CinQASE berbantuan canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kulisusu dengan tingkat kepercayaan 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Sani, Ridwan. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Adi, F. M., Phang, F. A., & Yusof, K. M. (2012). Student perceptions change in a chemical engineering class using cooperative problem based learning (CPBL). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56, 627-635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.697

Anaperta, M. (2015). Praktikalitas handout fisika sma berbasis pendekatan science environment technology and social pada materi listrik dinamis. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 1(2), 127843. https://doi.org/10.22202/jrfes.2015.v1i2.1405

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Dimyati., Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Eliptika T. (2018). Penerapan Model CinQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati.

Ghodrati, N. (2015). Conceptualising and measuring collaborative critical thinking on asynchronous discussion forums: Challenges and possible solutions. Digital Culture & Education, 7(2).

Haqiqi, A. K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 6(1), 37- 43. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838

Herliandry, L. D., & Harjono, A. (2019). Kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X dengan model brain based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). 39-47. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166

Hunaidah, H., Sahara, L., Husein, H., & Mongkito, V. H. R. (2022). Pengembangan E-Modul Model Pembelajaran Cinqase Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 137-150. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v6i1.2432

Hunaidah., Susantini E., Wasis., Mahdiannur M A. (2022). Model Pembelajaran CinQASE (Collaborative in Questioning, Analyzing, Synthesing, and, Evaluating. Surabaya : CV. Global. Aksara Pers.

Kallesta, K. S., & Erfan, M. (2018). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar IPA fisika pada materi bunyi [Analysis of learning difficulties factors in natural science’s in wave sound]. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika dan Teknologi, 1(1), 46-50.

Khoiriyah, N. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/31938/

Latifah, N. L. (2015) Fisika bangunan. Jakarta: Griya Kreasi.

Prihartanti, D., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep impuls, momentum, dan teorema impuls momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1149-1159. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9911

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 8(4), 107-113. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251

Rizal, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 6 Kendari. Kendari : Universitas Halu Oleo.

Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699-1703.

Sari, R. I., Sumarmin, R., Fevria, R., & Selaras, G. H. (2019). Analysis correlation between learning interest and learning difficulties with learning outcomes of junior high school students In Padang. JURNAL ATRIUM PENDIDIKAN BIOLOGI, 4(3), 9-17. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v4i3.7027

Selsa. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model pembelajaran CinQASE untuk Meningkatkan InCT dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Getaran Harmonis Kelas X SMA/MA. Kendari : Universitas Halu Oleo.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). 73-80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono,(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Wahyuni, R. S., Hunaidah M, & Erniwati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CinQASE Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 171–177. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.58

Issue

Section

Articles