Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Physics Education Technology (PhET) Simulation untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 2 Pasarwajo
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.6Keywords:
Model pembelajaran learning cycle 7E, simulasi PhET, literasi sains, peserta didik SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan PhET simulation untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan non eqivalent control group design. Objek penelitian ini yaitu peserta didik SMAN 2 Pasarwajo kelas X MIA 1 pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, tes literasi sains dan angket respon peserta didik. Hasil analisis pencapaian kompetensi literasi sains peserta didik tertinggi adalah pada kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah (K1) sementara kompetensi mengevaluasi dan desain inkuiri ilmiah (K2) dan interpretasi data dan bukti ilmiah (K3) pencapaiannya masih berada pada 50%. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata melalui uji-t. Hasil pencapaian ini kemudian dilakukannya uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas terdistribusi normal dengan taraf signifikan (α=0,05) 95%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model learning cycle 7E berbantuan PhET Simulation layak digunakan untuk meningkatkan kompetensi literasi sains peserta didik SMA.
Downloads
References
Ergül, R., Şımşeklı, Y., Çaliş, S., Özdılek, Z., Göçmençelebı, Ş., & Şanli, M. (2011). The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students'science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science & Education Policy, 5(1).
Gorghiu, G., Drăghicescu, L. M., Cristea, S., Petrescu, A. M., & Gorghiu, L. M. (2015). Problem-based learning-an efficient learning strategy in the science lessons context. Procedia-social and behavioral sciences, 191, 1865-1870. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.570
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Jornet, A., & ROTH, W. M. (2015). The joint work of connecting multiple (re) presentations in science classrooms. Science Education, 99(2), 378-403. https://doi.org/10.1002/sce.21150
Limniou, M., Papadopoulos, N., Giannakoudakis, A., Roberts, D., & Otto, O. (2007). The integration of a viscosity simulator in a chemistry laboratory. Chemistry Education Research and Practice, 8(2), 220-231. https://doi.org/10.1039/ B6RP90032A
Luu, K., & Freeman, J. G. (2011). An analysis of the relationship between information and communication technology (ICT) and scientific literacy in Canada and Australia. Computers & Education, 56(4), 1072-1082. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.11.008
Rahayu, D. B. (2015). Profil literasi sains siswa SMP kelas VII pada tema efek rumah kaca (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/17458
OECD. 2013. PISA. (2012). Assesment and Analitycal Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. s.l. : OECD Publishing.
OECD. 2016. PISA. (2015). Assesment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic and Finansial Literacy. Paris: OECD Punlishing.
OECD. 2019. PISA. (2018). Assesment framework key competencies in readyng, mathematics, and science. Paris: OECD Publishing.
Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive simulations for teaching and learning physics. The physics teacher, 44(1), 18-23. https://doi.org/10.1119/1.2150754
Perkins, K., Moore, E., Podolefsky, N., Lancaster, K., & Denison, C. (2012, February). Towards research-based strategies for using PhET simulations in middle school physical science classes. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1413, No. 1, pp. 295-298). American Institute of Physics. https://doi.org/10.1063/1.3680053
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Sumartati, L. (2010). Pembelajaran IPA Berbasis Scientific And Technological Literacy (STL). Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung, 4(9).
Takda, A., Jadmiko, B., dan Erman. (2019). Development od INoSIT Learning Model to Improve Scientific Literacy Competencies. UNESA Surabaya.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: humaniora, 1.
Wahyu, E., & Markos, S. (2016). Analisis buku siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP/Mts berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3837
Wawan, Sutrisno, Dwiastuti, S., & Karyanto, P. (2012). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS: 185-189.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winda, Amiruddin Takda, La Tahang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.