Hubungan Antara Sikap Peserta Didik terhadap Fisika dan Hasil Belajar Fisika Kelas XII SMAN di Kabupaten Konawe Selatan
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.65Keywords:
Sikap, Peserta Didik, hasil belajar, KorelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap peserta didik terhadap fisika dan hasil belajar fisika kelas XII SMAN di Kabupaten Konawe Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional, subjek penelitian ini adalah 302 peserta didik kelas XII dari SMAN di Kabupaten Konawe Selatan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata sikap peserta didik SMAN di Kabupaten Konawe Selatan sebesar 55 yang termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 62 dan berkategori sedang. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa sikap peserta didik terhadap fisika memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,645. Korelasi ini sejalan dengan persamaan regesi antara sikap peserta didik terhadap fisika dan hasil belajar yaitu Ŷ=5,782+1,224X, yang mengandung makna bahwa setiap kenaikan atau penurunan nilai sikap peserta didik terhadap fisika maka akan diikuti oleh kenaikan atau penurunan nilai hasil belajar fisika sebesar 1,224 pada konstanta -5,782. Hasil koefisien determinasi memperoleh hasil sebesar 0,415 atau dapat diartikan bahwa 41,5% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh sikap peserta didik terhadap fisika sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Ahmad, A., & Jaya, I. (2021). Biostatistik Statistik dalam Pendidikan Kesehatan (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education journal, 8(1), 34-43. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Handayani, F., Wijaya, N. E., Astuti, E. J., Wandani, R., & Sandari, T. (2021). Hubungan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA N 10 Kota Jambi. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7079
Hardiyanti, K., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 1-11. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4522
Herbiadi, A., Sahala, S., & Arsyid, S. B. (2015). Hubungan antara Sikap dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(5), 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10207
Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi (Edisi Ketiga). Jakarta: Grasindo.
Kaur, D., & Zhao, Y. (2017). Development of Physics Attitude Scale (PAS): An Instrument to Measure Students’ Attitudes Toward Physics. Asia-Pacific Education Researcher, 26(5), 291–304. https://doi.org/10.1007/s40299-017-0349-y
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS, 10(1), 160–167. https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7214
Marhayati, N. (2018). Peran Psikologi untuk Masyarakat. Jakarta: UM Jakarta Press.
Octavia Sandra, R., Iqbal, M., & Yudha Abimantara, A. (2021). Pengaruh Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X di SMAN 11 Kota Jambi. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(1), 48-56. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i1.15791
Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 178–188. https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.102
Putra, Setiawan, D., & Wiza, O. H. (2019). Analisis Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Unnes Physics Education journal, 8(3), 300-311. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Rama Dini, M., Maison, & Darmaji. (2021). Sikap Siswa terhadap Fisika dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Fisika di SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(01), 51–55. Retrieved from http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Rumajar, O., Manongko, & Mapaliey, D. O. (2020). Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Dasar Kelistrikan Otomotif siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Tomohon. Jurnal Gearbox Pendidikan Teknik Mesin, l(1), 24-34. Retrieved from https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/gearbox/issue/view/3
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunita, F., Z, F., & Nor, M. (2013). Hubungan Antara Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Di Kelas XI Ipa Ma Negeri Kampar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(9), 1–10. Retrieved from http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/1508
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuyun Desiyanti, La Sahara, La Tahang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.