Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Berdasarkan Nature Of Science Literacy Test (NoSLiT)
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.7Keywords:
Literasi Sains, peserta didk SMA, NoSLiTAbstract
Tujuan dari penelitian adalah menganalisis pencapaian kemampuan literasi sains peserta didik SMA berdasarkan instrument Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri di Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara yang terdiri dari tiga sekolah (SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3) dengan pengambilan sampel secara purfosif sampling sehingga terpilih sampel sebanyak 135 orang. Data diperoleh berdasarkan instrumen NoSLiT yang terdiri dari 35 item yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan literasi sains peserta didik tergolong rendah dengan nilai rerata persentase 43,2%. Capaian literasi sains yang paling rendah adalah pada indikator kemampuan keterampilan proses (intellectual process skills) dengan capaian hanya 24,3% dengan kategori sangat rendah, sedangkan capaian literasi sains pada kategori sedang hanya pada indikator kaidah bukti saintifik (rules of scientific evidence) dengan capaian 58,8%, sementara pada indikator lainnya semuanya masih berada pada kategori rendah.
Downloads
References
Abdul Majid. (2014). Penilian Autentik (Proses dan Hasil Belajar). Bandung: Rosdakarya.
Anjarsari, P. (2014). Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI” Peran Literasi Sains” Surabaya, 20.
Angraini, G. (2014, October). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. In mathematics and sciences forum 2014.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ariyanti, A. I. P. (2016). Pengembangan Asesmen Modifikasi Nature of Science Literacy Test (NOSLiT) untuk Mengukur Literasi Sains Siswa SMA (Uji Coba di SMAN 1 Ngawi, SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Magetan) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Arief, M. K., & Utari, S. (2015). Implementation of levels of inquiry on science learning to improve junior high school student’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 117-125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i2.4233
Asyhari, A. (2015). Profil peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179-191. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v4i2.91
Boujaoude, S. (2002). Balance of scientific literacy themes in science curricula: The case of Lebanon. International journal of science education, 24(2), 139-156. https://doi.org/10.1080/ 09500690110066494
Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & adi Prabowo, C. (2020). Analisis kemampuan literasi sains siswa sma pada pembelajaran biologi menggunakan NOSLit. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27-34. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8141
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student’s science literacy in the aspect of content science?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpii. v6i1.7245
Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a measure of scientific literacy for middle school students. Science Education, 98(4), 549-580.
Hurd, P. D. (1998). Scientific literacy: New minds for a changing world. Science education, 82(3), 407-416.
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International journal of environmental and science education, 4(3), 275-288. Diakses http://www.project2061.org.
Imani, H. A., & Ika, M. (2016). Profil Literasi Siswa SMP di Kota Bandung Terkait Tema Pemanasan Global.
Kamelia, K., Ibrahim, I., & Adhani, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan NOSLiT. Borneo Journal of Biology Education (BJBE), 4(1), 30-40. https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i1.2546
Lestari, I. D. (2017, May). Pengaruh literasi sains terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep ekosistem. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2). Retrieved from: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/103-106.
Muhammad, S. N., Listiani, L., & Adhani, A. (2018). Hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 112-116. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.2935
Murti, P. R., & Aminah, N. S. (2018, September). The Analysis of High School Students’ Science Literacy Based on Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012003). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1097/1/012003
Nelson, B., Ketelhut, D. J., Clarke, J., Bowman, C., & Dede, C. (2005). Design-based research strategies for developing a scientific inquiry curriculum in a multi-user virtual environment. Educational Technology, 21-28. Retrieved from: https://muve.gse.harvard.edu/publications/design-based-research-strategies-developing-scientific-inquiry.
New Zealand Curriculum Guides. (2013). Senior Secondary Science. Wellington: Ministry of Education.
OECD. (2019). PISA 2018 - Insight and Interpretations. Paris: OECD Publishing.
Okada, Alexandra, (2013). Scientific Literacy in the Digital Age: Tools, Environments and Resources fo Co-Inquiry. Europan Scientific Journal, 4 pp. 263-274.
Pustitasari, Mydha T., Sigit Santoso, B. M. (2019). Upaya Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Snowball Throwing Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107 415324.004
Rahayu, S. (2012). Menyiapkan Calon Guru Dalam Berliterasi Sains melalui Pembelajaran Berkonteks Explisit Nature of Science (NoS). Sumber, 64, 65.
Rokhmah, A., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2017). Science Literacy Indicators in Optical Instruments of Highschool Physics Textbooks Chapter. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 19–24. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.8391
Schleicher, A., Zimmer, K., Evans, J., & Clements, N. (2009). PISA 2009 Assessment Framework: Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. OECD Publishing (NJ1). Retrieved from: https://www.oecd.org.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 49-57. http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.759
Takda, A., (2021). Implementasi Model Pembelajaran INoSIT untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik SMPN 4 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 6, No. 1, Januari 2021. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i1.16760
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Wenning, C. J. (2006). Assessing nature-of-science literacy as one component of scientific literacy. Journal of Physics Teacher Education Online, 3(4), 3-14. Retrieved from: http://www2.phy.ilstu.edu/ ~cjwennin/jpteo/issues/sum2006.html.
Wenning, C. J. (2011). Experimental inquiry in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2-8. Retrieved from: http://www2.phy.ilstu.edu/~cjwennin/ jpteo/issues/ sum2011.html.
Wulandari, Nisa., Hayat, Sholihin. (2016). Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi sains siswa smp pada materi kalor. Edusains, 8(1), 66-73. https://doi.org/10.15408/ es.v8i1.1762
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amiruddin Takda, Kasman Arifin, La Tahang
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.