Deskripsi TPACK (Technology, Pedagogik, Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Fisika

Authors

  • Nilawati Ute Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Wa ode Nirwana Sari Halidun Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Waode Alkamalia Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Naim Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Tumi SMA Negeri 2 Raha Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara Indonesia
  • La Ode Rahman Rajab SMA Negeri 2 Raha Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.75

Keywords:

TPACK, fisika dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (a) untuk menganalisis hubungan TPACK yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru fisika, (b) untuk mendapatkan deskripsi hubungan antara kemampuan ketiga unsur TPACK satu sama lainnya. Target dari hasil penelitian ini yaitu mendapatkan pemetaan kemampuan TPACK berdasarkan analisis sebuah perangkat pembelajaran berbasis TPACK yang dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa sehingga dapat menunjang pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang tahapannya yaitu (a) penelitian pendahuluan (yang telah terlaksana), (b) tahap perencanaan dan, (c) tahap pelaksanaan. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMK Maritim Kendari. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan fisika yang memprogram mata kuliah Fisika Dasar I. Variabel yang akan diukur dalam penelitian ini yaitu: (1) Gambaran kemampuan tecnological, pedagogical, content knowledge mahasiswa calon guru, (2) Keterkaitan kemampuan ketiga unsur TPACK satu sama lainnya, yaitu keterkaitan antara pedagogi dan konten, keterkaitan pedagogi dan teknologi, keterkaitan konten dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil respon mahasiswa calon guru fisika terhadap pembelajaran fisika bermuatan TPACK menyatakan bahwa konten fisika harus dikuasai dengan baik, keterampilan mengajar dan unsur pedagogi lainnya harus dikuasai dengan baik dan pembekalan yang baik untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran fisika.

References

Brun, M, & J. Enrique Hinostroza. (2014). Learning to become a teacher in the 21st century: ICT integration in Initial Teacher Education in Chile. Journal of Educational Technology & Society, 17(3), 222–238. http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.3.222

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Contemporary issues in technology and teacher education, 9(1), 60-70.

Lin, C. C., Yu, W. W., Wang, J., & Ho, M. H. (2015). Faculty's perceived integration of emerging technologies and pedagogical knowledge in the instructional setting. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 176, 854-860. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.550

Mishra, P. & Koehler, M.J. (2006). Technological Paedagogical Content Knowledge; A Framework for Teacher Knowledge. Teacher College Record, 108 (6), 1017-1054, https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x.

Paul, Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma.

Sahin, I., Celik, I., Oguz Akturk, A., & Aydin, M. (2013). Analysis of relationships between technological pedagogical content knowledge and educational internet use. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 110-117. https://doi.org/10.1080/21532974.2013.10784714

Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) the development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of research on Technology in Education, 42(2), 123-149. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782544

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Ute, N., Halidun, W. ode N. S., Alkamalia, W., Naim, Tumi, L., & Rajab , L. O. R. (2024). Deskripsi TPACK (Technology, Pedagogik, Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 57–61. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.75