Pengembangan E-Modul Model CinQASE dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Efek Fotolistrik dan Sinar X untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 12 SMA

Authors

  • Fauzia Nurasni Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Husein Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.8

Keywords:

Pengembangan, e-modul, flip PDF corporate edition., minat belajar, hasil belajar, efek fotolistrik dan sinar x

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis flip PDF corporate edition untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi efek fotolistrik dan sinar x kelas XII  yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model penelitian 4D (define, design, develop, dan disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik tes hasil belajar berupa pretest-posttest dan angket minat belajar. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli dengan validasi rerata untuk aspek konstruk dan aspek isi sebesar 0,847 dengan kategori sangat valid yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembalajaran di sekolah. Selanjutnya e-modul berbasis flip PDF corporate edition dinyatakan praktis melalui uji coba terbatas pada peserta didik dengan rerata respon peserta didik uji terbatas sebesar 82,8 yang termasuk dalam kategori sangat setuju dan angket respon guru menunjukkan skor rerata sebesar 4,63 yang termasuk dalam kategori sangat setuju yang menjadikan e-modul praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Sedangkan keefektifan e-modul berbasis flip PDF corporate edition dilihat dari pemberian angket minat belajar dan tes hasil belajar, diperoleh hasil minat belajar peserta didik 83,63 dengan kategori sangat tinggi dan peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh  nilai pretest sebesar 58,3 kategori sedang dan nilai  posttest sebesar 88,8 dengan kategori tinggi. Dengan nilai N-gain sebesar 0,88 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut e-modul berbasis aplikasi flip PDF corporate edition pada materi efek fotolistrik dan sinar x efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fauzia Nurasni, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Erniwati, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

Husein, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Pendidikan Fisika

References

Abdin, A., Kasman, K., & Safiuddin, A. (2023). Utilization of Microsoft Power Point Applications as Physics Learning Media Interactive On Diode Material. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(1), 63-75. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i1.6605

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150-157. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281-291. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291

Gulo, A. (2016). Collaborative Learning Enhaces Critical Thinking. Journal of Education. 7(1).

Nur Fadilah, L. ., & Sulistyowati, H. . (2022). Keefektifan dan Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar e-ModulBerbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4014–4024. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3491.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. (2020). Project Based Learning E-Module to Teach Straight-Motion Material for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223 - 234. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3442

Purboningsih, D. (2015, November). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan guided discovery pada materi barisan dan deret untuk siswa SMK kelas X. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 468). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/17955.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Parama Publishing.

Sanjaya, Y., & Rustaman, N. (2018). The Role of Visuospatial Representation to Improve Students' Conceptual Mastery Based on Gender in Learning Human Urinary System. Journal of Science Learning, 1(3), 95-103. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i3.11790

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul dalam Pembelajaran Fisika Study Literatur. Jurnal Luminious Riset Ilmiah Pendidikan Fisika. 2(2). https://doi.org/ 10.31851/luminous.v2i2.6373

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S. & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute?Secial Education, University of Minnesota. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf.

Uno, W. A. (2021). Pengembangan teknologi pendidikan IPA berbasis multimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa. Cv. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D.A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol.1, No. 26, pp. 263-278). Retrieved from https://repository. unikama.ac.id/840.

Downloads

Published

2023-02-05

How to Cite

Nurasni, F., Erniwati, & Husein. (2023). Pengembangan E-Modul Model CinQASE dengan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Efek Fotolistrik dan Sinar X untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 12 SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 28–43. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.8