Pengukuran Temperatur Berbasis Internet of Things (IoT) dan Implementasinya pada Praktikum untuk mengukur Kemampuan Psikomotorik

Authors

  • Yusro Al Hakim Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fadilla Nur Ramadhani Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.9

Keywords:

pengukuran, thingspeak, praktikum, psikomotorik

Abstract

Pengukuran temperatur dilakukan dengan menggunakan IC LM35 sebagai sensor suhu, Nodemcu ESP8266 sebagai modul pengolah data dan website ThingSpeak sebagai penampil data berbasis Internet of Things (IoT). Sensor LM35 mengukur temperatur dan pembacaan hasil pengukuran dari sensor ini ditampilkan dalam bentuk log data pada serial monitor Arduino IDE dan juga website ThingSpeak. Proses pengukuran temperatur tersebut selanjutnya diimplementasikan ke dalam praktikum untuk mengukur kemampuan psikomotorik. Hasil penelitian diperoleh rerata ralat pengukuran temperatur pada serial monitor dan website ThingSpeak sebesar 0,8% dengan keterlambatan data yang ditampilkan pada website rata rata sebesar 5 detik. Untuk kemampuan psikomotorik mahasiswa diperoleh skor sebesar 3,14 atau dalam kategori baik. Respon dari mahasiswa sebesar 58% sangat setuju dengan praktikum. Mahasiswa lebih mudah memahami konsep teori dan mudah untuk mempraktekkannya, sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan praktikum pada mahasiswa Pendidikan Fisika ini efektif untuk mengasah keterampilan psikomotorik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yusro Al Hakim, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pendidikan Fisika

Fadilla Nur Ramadhani, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pendidikan Fisika

References

Abdullah, Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Atrisman, A., Hadiarti, H., & Fitriani, F. (2017). Analisis Kemampuan Psikomotorik Dalam Praktikum Biokimia Percobaan Lipid Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 5(1).

Fiqri, S. R., Lubis, A. J., & Liza, R. (2021, October). Sistem Kendali Lampu Taman serta Pengecekan Suhu dan Kelembaban di Sekitar Menggunakan NodeMCU ESP8266 Berbasis Internet of Things, In Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi(Vol.1, No.1, pp. 253-260).

Firasanto, G., & Ardianto, D. A. (2020). Praktikum Mikrokontroller.

Khoiroh, W., Aini, N., & Budhi, H. S. (2021). Analisis Kesulitan Kegiatan Praktikum Kimia Dasar Mahasiswa S1 Tadris IPA IAIN Kudus Di Masa Pandemi Covid-19. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(2), 107-114.

Limantara, A. D., Purnomo, Y. C. S., & Mudjanarko, S. W. (2017). Pemodelan Sistem Pelacakan LOT Parkir Kosong Berbasis Sensor Ultrasonic Dan Internet Of Things (IOT) Pada Lahan Parkir Diluar Jalan. Prosiding Semnastek.

Megawati, M., & Rochman, C. (2019). Strategi Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(1), 172-194.

Rusimamto, P. W., & Ramadhan, R. A. (2021). Efektifitas dan Kepraktisan Training Kit Robot Transporter dengan Aplikasi Android Berbasis Arduino. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 5(2), 61-67.

Saefurrochman, A. G., Yatim, R., & Nugroho, D. J. (2015). Implementasi Sensor Suhu LM35 Berbantuan Mikrokontroler pada Perancangan Sistem Pengkondisian Suhu Ruangan. In di Prosiding University Research Colloquium (pp. 147-157).

Sorongan, E., & Hidayati, Q. (2018). ThingSpeak sebagai Sistem Monitoring Tangki SPBU Berbasis Internet of Things. JTERA-Jurnal Teknologi Rekayasa, 3(2), 219-224.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suseno, N., Riswanto, R., Aththibby, A. R., Alarifin, D. H., & Salim, M. B. (2021). Model pembelajaran perpaduan sistem daring dan praktikum untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 42-56.

Downloads

Published

2023-02-08

How to Cite

Al Hakim, Y., & Fadilla Nur Ramadhani. (2023). Pengukuran Temperatur Berbasis Internet of Things (IoT) dan Implementasinya pada Praktikum untuk mengukur Kemampuan Psikomotorik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.9