Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan iSpring Suite 10 pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi

Authors

  • Umi Kalsum Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amiruddin Takda Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Erniwati Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.91

Keywords:

ISpring suite 10, getaran, gelombang dan bunyi, Multimedia pembelajaran

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tantangan baru terutama dalam dunia pendidikan yang menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikasi, kolaborasi serta kemampuan literasi digital. Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) diimplementasikan dalam tujuan pembelajaran dengan didukung oleh peran teknologi pendidikan. Teknologi berdampak pula terhadap perkembangan media pembelajaran yang bersifat interaktif, seperti media yang disajikan dengan berbagai bentuk aplikasi yang menarik, misanya buku digital, permainan digital dan bentuk aplikasi lain yang memuat materi pembelajaran dan latihan dalam menyelesaikan permasalahan terkait materi. Media berbasis HOTS diterapkan pada materi getaran, gelombang dan bunyi untuk membantu siswa dalam mengerjakan soal berbasis HOTS dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memfasilitasi guru dan peserta didik dalam memberikan pemahaman materi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP/MTs kelas VIII pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan menggunakan media interaktif berbasis HOTS berbantuan iSpring Suite 10. Penelit ian ini menggunakan metode Researsh and Development dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, lembar validasi, tes (pretest-posttest) dan angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran memenuhi kriteria  sangat valid dari aspek media (95,19% dan 95,19%) dan materi (90,90%) . Hasil praktikalitas oleh guru (95,7%) dan peserta didik (96,76%) dengan kategori sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran memperoleh N-gain (0,82) dengan kategori tinggi, sehingga disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan iSpring Suite 10 pada materi getaran, gelombang dan bunyi dianggap valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA untuk menunjang proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta.

Audhiha, N, H. Fardani. R..A. Ustiawaty, J. Utami. E. F, Sukmann, D. J. & Istiqomah, R.R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Fraenkel, J. R. A. N. E. W. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies.

Hidayati, A. N., Halimah, M., & Mulyadiprana, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7417

Isbandiyah, Siti & Anwar Sanusi. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Biologi. https://pascaldaddy512.com/wp-content/uploads/2020/02/16

Marlini, C and Rismawati. (2019) Praktikalitas: Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis, Jurnal Tugas Bangsa, vol. 6, no. 2, hh. 277-289.

Mutrikoh, M., Marzuki, M., & Sabri,T. (2020). Pengembangan Multimedia Power Point Berbasis Ispring 8 pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4).

Nieveen. N. (1999) Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Branch, Kent Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Publisher.

Plomp. T., Nieven. N., Gustafson, K., Branch. R. M., & Akker. J. V. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training, London: Kluwer Academic Publisher.

Rusdi. (2017). The Challenge Of Mathematics Teacher In Globalization Era Rusdi.

Sahidu. C. (2016) Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: Arga Puji Press.

Samudro, G. D., Shodikin, A., & Aini, K. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android.

Sukariasih, L., Erniwati, Nirwana Sari Halidun, W. O., Safiuddin, A., Abdin, Rini, & Hasviani. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite Bagi Calon Guru Fisika SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JAPIMAS), 2(2), 76–81. Retrieved from https://japimas.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/42

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Kalsum, U., Takda, A., & Erniwati. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan iSpring Suite 10 pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(2), 67–74. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i2.91