Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Kusuma Wardany Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, Indonesia
  • Erni Mariana Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, Indonesia
  • Dwi Aprillia Setia Asih Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59

Keywords:

Model inkuiri terbimbing, kemampuan literasi sains, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains. Jenis  penelitian  ini merupakan penelitian eksperimen, yang berupa eksperimen semu atau quasi eksperimental design. Didalam desain ada pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling karena kelompok tersebut memiliki kemampuan yang sama. Subjek penelitian adalah peserta didik  kelas  VIIIA DAN VIIIC  SMP N 1 Kotagajah 50  peserta  didik. Untuk mengukur kemampuan literasi sains digunakan instrumen tes berupa tes tertulis yaitu soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skor rata-rata nilai prestest dalam kelas eksperimen 86,67 dan kelas kontrol 66,67. Rata-rata nilai postest dikelas eksperimen adalah 96,67 dan kelas kontrol adalah 93,33. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap Kemampuan Literasi Sains siswa kelas VIII pada materi gaya dan gerak di SMP Negeri 1 Kotagajah tahun Pelajaran 2022/2023, hal ini ditunjukkan nilai uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 7,86 > 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa thitung berada pada daerah penerimaan H1. Dengan demikian H1 diterima dan H0 di tolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Ali. (2022). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal EksperimentaL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.219

Almuntasheri, S., Gillies, R. M., & Wright T. (2016). The Effectiveness of a Guided Inquiry-based, Teachers’ Professional Development Programme on Saudi Students’ Understanding of Density. Science Education International, 27(1), 16–39.

Daniah, D. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178

Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., & Armstrong, N. (2009). Effects of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2009.030216

Ida Ayu Putu Nova Warmadewi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.600

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Jofi Kuswanto, Muh. Nasir, & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 175–180. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463

Munif, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2).

Ngalimun. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran. In Aswaja Pressindo.

Ngertini, N. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Literasi Sains Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Sastradika, D., & Jumadi. (2018). Development of subject-specific pedagogy based on guided inquiry about newton’s law to improve senior high school students’ scientific literacy ability. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012017

Sugiono. (2013). Sugiyono- Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D (2013). In Nuevos sistemas de comunicación e información.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Wardany, K., Mariana, E., & Setia Asih, D. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 214–219. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59