Efektivitas Aplikasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner
DOI:
https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.76Keywords:
Efektivitas, aplikasi PhET, hasil belajar kognitif, gelombang berjalan, gelombang stasionerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikai PhET terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Pekanbaru tahun akademis 2022/2023 dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda yang berjumlah 25 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji t jenis independent sample t-test menggunakan bantuan SPSS. Hasil analisis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,67 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 72,22. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan aplikasi PhET dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner lebih tinggi daripada kelas yang melakukan pembelajaran secara konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran fisika, aplikasi PhET efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Downloads
References
Abdjul, T., & Ntobuo, N. E. (2018). Buku Ajar Pembelajaran Fisika Berbasis Virtual-Lab. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press.
Amala, I. A., Indrawati, & Wicaksono, I. (2020). Efektivitas Aplikasi PhET Disertai LKS Materi Gerak dan Gaya untuk Pembelajaran IPA di SMP. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 85–91. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i02.9960
Arista, S., Darmawan, H., & Nurussaniah. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual untuk Gerak Harmonis Sederhana Di Singkawang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi, 1(1), 88–96.
Asriyadin, Puspitasari, I., & Susilawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Mipa, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.48
Astalini, Darmaji, Riantoni, C., & Susanti, N. (2019). Studi Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71–75. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI.
Bunga, S., Khaeruddin, & Yani, A. (2021). Analisis Hasil Belajar yang Diajar Menggunakan Simulasi PhET (Physics Education Technology) Pada Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Luwu Timur. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(3), 162–169. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.15716
Hasibuan, F. A., & Abidin, J. (2019). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 102–108. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/14454/pdf.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2(2), 186–195. https://doi.org/10.30870/EDUCHEMIA.V2I2.1608
Kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24–26. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/637/790
Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Virtual Menggunakan PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, 5(1), 83–92.
Rachmawati, D. W., Ghozali, M. I. Al, & Nasution, B. (2021). Teori dan Konsep Pedagogik. Bandung: Penerbit Insania.
Ratumanan, & Laurens. (2015). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi Ke 3. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Ritonga, P. I. A., & Gumolung, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Simulasi Virtual Laboratorium PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajat Siswa pada Materi Geometri Molekul di MAN 1 Bitung. Jurnal Oxygenius, 3(2), 81–87.
Rukminingsih, Gunawan, A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
Tangka, G., & Tani, D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis PhET pada Materi Larutan Asam Basa di SMA N 1 Likupang. Jurnal Oxygenius, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.348
Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1(1), 138–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Agustia Ningsih, Nur Islami, Yennita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.