Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Lawa Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Authors

  • Wa Irda Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • La Sahara Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Luh Sukariasih Universitas Halu Oleo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.80

Keywords:

Pemahaman konsep, four tier diagnostic test, usaha, pesawat sederhana

Abstract

Pemahaman konsep merupakan tujuan dasar dalam pembelajaran. Ketika peserta didik sudah mengerti konsep, maka peserta didik tersebut akan dengan mudah menyelesaikan masalah dalm pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lawa pada materi usaha dan pesawat sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan akurat suatu situasi tertentu yang bersifat faktual. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu menyajikan data-data yang ditemukan di lapangan yang berhubungan dengan anaslisis pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lawa pada materi usaha dan pesawat sederhana yang selanjutnya diuraikan menggunakan angka-angka dengan prinsip statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Lawa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023, yang berjumlah 84 orang yang tersebar dalam empat kelas, yaitu kelas VIII1, VIII2, VIII3 dan VIII4. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian Four Tier Diagnostic Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha dan pesawat sederhana masih terbilang sangat rendah. Peserta didik yang paham konsep sebesar 5,8%, sebagian besar peserta didik berada pada kategori paham sebagian sebesar 47,8%, kategori miskonsepsi sebesar 20,1% dan kategori tidak paham konsep sebesar 26,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karista, V., Supriyati, Y., & Susanti, D. (2022). Computer Based Test Untuk Mengidentifikasi Distribusi Pemahaman Kompetensi Literasi Sains Pada Materi Usaha Dan Energi Berdasarkan Framework Pisa 2015. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 10(1), PF-131 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.20

Christina, S., Sitompul, S. S., & Oktavianty, E. (2022). Remediasi Miskonsepsi Pesawat Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Di Smp Yakhalusti Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(12), 3238-3248. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60227

Hanum, W. N., Herman, D. F., & Supeno, S. (2023). Identifikasi Konsep IPA Pada Pemanfaatan Polisi Tidur (Speed Bump) Sebagai Bahan Pembelajaran IPA. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 262-269. https://doi.org/10.31764/justek.v6i2.15506

Lambaga, A I. (2019). Tinjauan Umum Konsep Fisika Dasar, Deepublish, Yogyakarta.

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101-110. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/14258

Mursalin, M. (2014). Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran predict-observe-explain. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(1), 109180. https://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i1.4383

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, Surabaya.

Safrida, S., Dewi, C. R., & Abdullah, A. (2017). Pengunaan modul dan media animasi dalam mengurangi miskonsepsi siswa pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 11(1). 39–45. https://doi.org/10.13170/jp.11.1.8115

Sari, I P D. (2018). Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Model Direct Instruction Berbantuan Animasi Flash Pada Materi Tuas, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Sasinggala, M. (2012). Pembelajaran untuk Daerah Kepulauan, Absolute Media, Yogyakarta.

Satriana, F. R., & Hamdani, H. (2019). Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model Learning Cycle 7e Pada Materi Pesawat Sedehana di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.32386

Suwarna, I. P. (2013). Analisis miskonsepsi siswa SMA kelas X pada mata pelajaran fisika melalui cri (certainty of response index) termodifikasi. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24028

Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(03), 67-70. https://doi.org/10.26740/ipf.v4n3.p%25p

Wahyuningsih, T. (2012). Pembuatan Instrumen tes diagnostik fisika SMA kelas XI. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/30025

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Seminar Nasional Multidisiplin, 1(1), 138–146. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/ snami/article/view/279

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test Pada Materi Gelombang Mekanik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 138–146. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/279

Zainabon. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, vol 8 (2).

Zaleha, Z., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Pengembangan instrumen tes diagnostik VCCI bentuk four-tier test pada konsep getaran. J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, 3(1), 36-42. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.980

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.

Zhu, C., Liu, H., Tian, J., Xiao, Q., & Du, X. (2010). Experimental investigation on the efficiency of the pulley-drive CVT. International Journal of Automotive Technology, 11, 257-261. https://doi.org/10.1007/s12239

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Irda, W., Sahara, L., & Sukariasih, L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Lawa Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 220–228. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.80