Efektivitas Media Pen Tablet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton

Authors

  • Sri Wahyuningsih Universitas Riau, Indonesia
  • Nur Islami Universitas Riau, Indonesia
  • M. Nor Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.82

Keywords:

Hasil belajar kognitif, hukum newton, media pembelajaran, pen tablet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pen tablet dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi hukum newton. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain quasi eksperimental design dengan metode nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan statistik parametrik. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media pembelajaran pen tablet lebih tinggi yaitu skor rata-rata 78,41 daripada nilai hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu skor rata-rata 53,64. Hasil analisis inferensial pada uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan media pen tablet dengan kelas secara konvensional. Oleh sebab itu, Media pembelajaran berbasis pen tablet efektif digunakan sebagai inovasi media pembelajaran pada bahan ajar hukum newton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardian Asyhari, Irwandani, dan Herli Candra Saputra. (2016). Lembar Kerja Instruksi Konseptual Berbasis Phet: Mengembangkan Bahan Ajar untuk Mengkonstruksi Konsep Siswa pada Efek Fotolistrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 193. http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i2.119

Carrillo Andrés, A., Cejudo López, J. M., Domínguez Muñoz, F., & Rodríguez García, E. A. (2013). Graphics tablet technology in second year thermal engineering teaching. Journal of Technology and Science Education, 3(3), 102-112. http://dx.doi.org/10.3926/jotse.85

Darmawan, I Putu Ayub. & Sujoko, Edy. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Jurnal Pendidikan FKIP UKSW, 29(1), 30-30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39

Jannah, dkk. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Video Scribe pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lestari, Fenty. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-Soal Fisika Pokok Bahasan Hukum Newton Di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya.

Lona, Y. D., Kamaluddin, K., & Fihrin, F. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1), 22-27. https://doi.org/10.22487/J25805924.2013.V1.I1.1444

Marlena, Nini. (2019). Hubungan Hasil Belajar Aspek Kognitif Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak Siswa SD Negeri 26 Kaur Kabupaten Kaur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Bengkulu.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rizka Hartami Putri, Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173–181. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5017

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Shiha, Salisa Nun., Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda untuk Menunjang Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 180-184. https://doi.org/10.26740/ipf.v3n2.p%25p

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wulandari, Suci, dkk. (2021). Respon Terhadap Penggunaan Stylus Pen dan Fitur Record dalam Pembelajaran Matematika Online. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62-76. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3164

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Wahyuningsih, S., Islami, N., & Nor, M. (2023). Efektivitas Media Pen Tablet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 297–303. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.82